Sesi ketika pemateri menyampaikan wawasan seputar kewirausahaan.
Sesi ketika pemateri menyampaikan wawasan seputar kewirausahaan.
29 April 2019 | Tim Media UISI

Tingkatkan Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha Melalui Seminar Kewirausahaan

Seminar Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh kolaborasi antara Himpunan Mahasiswa Teknik Logistik dengan Himpunan Mahasiswa Manajemen Rekayasa berguna meningkatkan minat mahasiswa dalam berwirausaha sehingga mampu bersaing di era global.

Gresik - Kolaborasi antara Himpunan Mahasiswa Teknik Logistik dengan Himpunan Mahasiswa Manajemen Rekayasa telah sukses mempersembahkan sebuah seminar kewirausahaan. Seminar kewirausahaan tersebut membahas tentang dunia wirausaha dengan mendatangkan pemateri yang ahli di bidangnya. Acara diselenggarakan pada hari Sabtu (27/4) di Auditiorium Kampus B Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), dengan mengangkat tema “Menumbuhkan Jiwa Enterpreneur di Era Global”.

Salah satu alasan yang melatarbelakangi diadakannya acara tersebut yaitu tingginya minat mahasiswa UISI di bidang wirausaha. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa UISI yang telah memiliki usaha sendiri baik itu berupa online shop maupun berbagai macam produk dan jasa lainnya. Maka dari itu, untuk terus meningkatkan semangat dan rasa percaya diri mahasiswa untuk berwirausaha, diadakanlah acara seminar kewirausahaan tersebut. 

Sasaran peserta acara awalnya khusus untuk Keluarga Mahasiswa (KM) Teknik Logistik dan Manajemen Rekayasa saja. Namun, pada saat publikasi acara di media sosial ternyata banyak sekali orang luar yang berminat untuk mengikutinya. Sehingga panitia memutuskan untuk membuka pendaftaran umum dengan slot yang terbatas.

Ada dua pemateri dalam acara ini, yang pertama yaitu Devi Aprillia Salamah Smeer, salah seorang enterpreneur muda yang menjelaskan tentang bisnis Moi Thai Tea (Thai Tea) dan Picank (inovasi olahan pisang) serta bagaimana cara ia memulai usahanya tersebut. Untuk pemateri selanjutnya yaitu Bapak Nova Ridho Sisprasojo, S.Sn., M.Ds. yang menjabat sebagai Kepala Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) UISI. Beliau memaparkan materi tentang bagaimana cara bermain branding dalam sebuah bisnis.

“Kendalanya pada saat berkomunikasi dan berkoordinasi. Karena kami panitia antar dua departemen jadi harus saling pandai dalam berkomunikasi terutama dalam  menyampaikan  informasi sehingga tidak terjadi misscom. Tapi saya sangat bersyukur karena panitia seminar ini juga sangat bertanggung jawab saat menjalankan tugasnya sehingga acara ini bisa berjalan dengan lancar," ujar Naufah Yulizah selaku ketua pelaksana acara seminar kewirausahaan ketika ditanya oleh tim media.

“Harapan saya, setelah mengikuti seminar ini semoga peserta sudah memiliki gambaran atau ide usaha apa yang akan dirintis dan dikelola dengan baik nantinya agar dapat bersaing di pasar nasional maupun internasional. Untuk kedepannya bisa jadi akan diadakan lagi seminar kewirausahaan , tentunya dengan tema yang berbeda," harap Naufah untuk acara kedepannya.

Acara berjalan dengan lancar dan sukses walau hanya dengan persiapan selama satu bulan saja. Hal tersebut terbukti dengan adanya minat yang tinggi dan antusiasme peserta di dalam forum yang terlihat selalu aktif bertanya kepada pemateri.

“Acara ini sangat bermanfaat, dan dapat menambah wawasan saya tentang bagaimana cara berwirausaha dengan baik sehingga mampu bersaing pada era global ini. Kemudian saya juga merasa lebih berani lagi untuk mencoba usaha dengan ide-ide baru," kata Sella Wanda Anggraheny yang merupakan salah satu peserta.(ifs/rry)

Artikel Terkait