Foto bersama pemateri dengan para peserta Open Talk
Foto bersama pemateri dengan para peserta Open Talk
11 Mei 2019 | Tim Media UISI

Tingkatkan Motivasi Studi Lanjut Melalui Acara Open Talk Beasiswa

Open Talk Beasiswa yang diselenggarakan oleh Himatekk berikan wawasan dan motivasi untuk studi lanjut dengan mendatangkan para penerima beasiswa bergengsi.

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himatekk) Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) telah sukses menyelenggarakan acara Open Talk Beasiswa dan Rencana Studi Lanjut. Acara ini dilaksanakan pada Jum’at (10/05). Dengan mengangkat tema “From Here I Do Prepare My Bright Future”, acara ini mendatangkan empat sosok pemateri yang sangat luar biasa. Para pemateri tersebut merupakan para penerima beasiswa bergengsi untuk studi luar negeri. Mereka didatangkan agar dapat memberikan ilmu terkait beasiswa beserta proses pencapaiannya.

Pemateri pertama yang didatangkan dalam acara ini adalah Victor Purnomo, S.T., M.T., M.Sc. yang merupakan salah satu Dosen Teknik Kimia yang juga berpengalaman menempuh double degree Magister di ITS dan NTUST Taiwan. Beliau memberikan materi tentang strategi untuk studi lanjut ke luar negeri. Materi kedua diisi oleh Dr. Achmad Dwitama Karisma, S.T., M.T. yang merupakan penerima beasiswa bergengsi, Monbukagakusho di Hiroshima University. Beliau memaparkan tentang beasiswa-beasiswa yang ada di luar negeri, khususnya di Jepang.

Sementara pemateri ketiga adalah Dr. Rendra Panca Anugraha, S.T., M.T., seorang penerima beasiswa doctor melalui program PMDSU. Beliau memberi penjelasan tentang program Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU). Untuk pemateri yang keempat atau yang terakhir diisi oleh penerima beasiswa LPDP di Lancaster University, yaitu Ahmad Naufal Aufa, S.Kom., M.Sc. yang berbagi informasi tentang beasiswa LPDP.

Acara ini diadakan guna meningkatkan motivasi mahasiswa, khususnya mahasiswa semester akhir departemen Teknik Kimia agar dapat lebih menata perjalanan masa depan setelah lulus jenjang S1. Jika selama ini kebanyakan mahasiswa setelah lulus dituntut untuk bekerja, maka dalam acara ini mahasiswa juga diberi wawasan untuk memilih melanjutkan pendidikan. Bukan hanya sekadar studi lanjut, tetapi dengan harapan studi lanjutnya dapat dilakukan dengan beasiswa.

 “Harapan saya untuk peserta angkatan tahun 2015 atau mahasiswa tingkat akhir yang telah mengikuti acara ini adalah semoga mereka bisa mendapatkan pandangan setelah lulus nanti. Apakah ingin bekerja atau meneruskan studinya. Sedangkan untuk mahasiswa yang berada di tingkat bawahnya, semoga bisa lebih mempersiapkan dirinya dalam jangka waktu yang lebih panjang, agar nanti persiapan mereka menuju masa depan menjadi lebih kuat. Lalu untuk acaranya sendiri saya berharap semoga acara ini bisa bersinergi dengan UISI. Dimana nantinya bisa lebih banyak mengundang founder beasiswa yang akan membuka peluang beasiswa untuk mahasiswa khususnya mahasiswa UISI”, ujar Syarifa Nur Aini selaku ketua pelaksana acara dengan penuh harap.

Acara yang berlangsung di Auditorium Kampus B UISI ini berjalan lancar. Tingkat antusiasme para peserta pun tinggi, bisa dilihat dari para peserta yang tidak hanya datang dari departemen Teknik Kimia namun juga dari departemen lain.

 “Acara ini sangat bagus karena membahas tentang beasiswa, dimana kita tahu sendiri bahwa beasiswa merupakan suatu hal yang banyak dicari oleh kami sebagai mahasiswa. Kemudian tentang yang disampaikan pemateri mengenai rencana studi lanjut juga sangat menarik. Sehingga dari materi yang diberikan tersebut, saya dapat memperoleh gambaran dan bekal tentang bagaimana pendidikan yang harus saya tempuh kedepannya. Para pemateri juga membuat saya kagum karena di usia yang terbilang masih muda ini beliau sudah dapat menyelesaikan program doktor”, kata Muhammad Syahrul Anggara yang merupakan salah satu peserta acara ini. (ifs/kei)

Artikel Terkait