pelatihan lkmm pra-td 2016 diselenggarakan oleh bem UISI
pelatihan lkmm pra-td 2016 diselenggarakan oleh bem UISI
9 November 2016 | Tim Media UISI

Melatih Keterampilan Manajemen Mahasiswa Melalui LKMM-TD

Untuk memberikan bekal sikap, pengetahuan dan keterampilan manajerial organisasi bagi mahasiswa Universitas Internasinal Semen Indonesia (UISI) BEM UISI kembali menyelenggarakan LKMM Pra-TD

Gresik – Untuk memberikan bekal sikap, pengetahuan dan keterampilan manajerial organisasi bagi mahasiswa Universitas Internasinal Semen Indonesia (UISI) khususnya yang aktif berorganisasi. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UISI kembali menyelenggarakan Latihan Keterampilan Manajerial Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) selama tiga hari. Kegiatan tersebut diikuti oleh 120 mahasiswa UISI dengan kriteria minimal duduk di semester III dan telah lulus LKMM Pra-TD.

Program LKMM adalah serangkaian kegiatan terencana yang dipimpin oleh sejumah trainer yang ditujukam untuk membantu para mahasiswa agar memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dibutuhkan seseorang untuk menjalankan tugas tertentu. LKMM-TD merupakan pelatihan lanjutan dari LKMM Pra-TD yang sangat penting untuk memperoleh ilmu tentang manajemen organisasi tingkat dasar, dimulai dari manajemen kelompok, manajemen kegiatan, manajemen waktu, hingga public speaking. Diharapkan dengan adanya LKMM-TD dapat menjadi bekal untuk membangun sikap kepemimpinan mahasiswa dalam berorganisasi.

Materi yang diberikan pada LKMM-TD kali ini merupakan rekomendasi langsung dari universitas yang mengusung tema "Mengembangkan Potensi Mahasiswa dalam Berorganisasi untuk Menuju Mahasiswa yang Profesionalitas". Acara yang diadakan oleh deparatemen PSDM ini dibuka oleh salah satu tim kemahasiswaan UISI yaitu Grandys, S.Kom.,M.Kom. "setidaknya kalian telah mempunyai kesempatan lebih daripada yang lain, karena berada disini" celetuknya.

Di hari pertama (4/11) terdapat tiga materi yang disampaikan yaitu Mengembangkan Potensi Mahasiswa dalam berorganisasi, hakikat motivasi dan teknik persidangan. Peserta cukup antusias untuk mengikuti acara ini, hal ini terlihat saat mereka melakukan diskusi di salah satu materi yang diberikan. Di hari ke dua (5/11) dengan konsep yang berbeda pada hari sebelumnya, peserta LKMM digiring dan dibagi ke dalam beberapa kelas, kemudian menerima materi mengenai, analisis kondisi lingkungan, gagasan awal, tolok ukur keberhasilan, perencanaan jadwal kerja, pengorganisasian dan komunikasi antar unit kerja. Ke enam materi tersebut disampaikan oleh para trainer-trainer handal dari mahasiswa UISI yang telah mengikuti dan dinyatakan lulus LKMM TD.

Tak selesai sampai hari itu saja, LKMM TD ini dilanjutkan pada hari ke-3. (6/11) yang merupakan hari terakhir LKMM TD. Hari ketiga ini sangatlah luar biasa, tak hanya semangat dan antusias dari peserta maupun trainer yang tercermin, namun materi yang disampaikan juga tidak kalah menarik dan cukup membuat semangat. Di penghujung acara, kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama di halaman depan gedung 1 UISI dengan senyum kebahagiaan dan ilmu-ilmu baru. (nfd/mrf)

Artikel Terkait