Triadi Setiawan, berpose di salah satu both ASIAN GAMES 2018
Triadi Setiawan, berpose di salah satu both ASIAN GAMES 2018
10 Desember 2018 | Tim Media UISI

Triadi Setiawan : Mahasiswa UISI, Volunteer ASIAN GAMES 2018

Triadi Setiawan, berbagi pengalaman sebagai volunteer dalam perayaan ASIAN GAMES 2018

Jakarta – Efuoria ASIAN GAMES 2018 memang sudah berlalu, tapi tidak dengan kenangan yang dimiliki oleh Triadi Setiawan. Mahasiswa kelahiran Ngawi, 6 Oktober 1999 tersebut telah mengabdikan diri sebagai volunteer ASIAN GAMES 2018 yang diketahui berlangsung sangat meriah. Bermula dari notifikasi yang diperoleh dari sebuah grup pada aplikasi Whatsapp, dirinya langsung berminat untuk mendaftar. Melihat adanya peluang yang cukup baik. Di samping itu, ketertarikannya untuk memperluas pengalaman dan nenambah teman.

Mendaftar pada bulan Februari, dan ada pemberitahuan pada bulan April. “Masih tidak percaya, jadi saya langsung membuka link pengumuman, berisikan nama-nama pendaftar yang lolos tahap administrasi,” ujar Triadi.

Setelah memastikan kebenarannya, ia langsung berangkat ke Jakarta. Di tahap selanjutnya ada wawancara seputar pengalaman yang sudah didapatkan, divisi yang akan diambil. Sebuah keberuntungan bagi Triadi. Ia diterima menjadi bagian divisi catering dan ditempatkan di bagian locker room. Singkat cerita, menurutnya memang setiap yang masuk lokasi ruang makan tidak diperkenankan membawa tas.

Dirinya bercerita bahwa keadaan di dining hall harus bersih dan aman. Tempat tersebut tutup pada pukul 01.00-05.00 WIB. Itupun para volunteer harus mempersiapkan segala sesuatunya agar tertata dengan baik, seperti menata dan mengelap buah, serta mengisi persediaan air minum.

Masa kerja maksimal yang ditetapkan oleh pihak penyelenggara adalah 18 hari meskipun perhelatan ASIAN GAMES 2018 sekitar satu bulan. Triadi kembali sebelum acara penutupan karena masa libur perkuliahaan telah usai.

“Banyak pengalaman yang didapatkan, juga menambah teman dari beberapa daerah. Event tersebut sangat luar biasa, bertemu banyak atlet, sehingga dapat melatih berbicara bahasa inggris saya,” ungkapnya. (rry/uda)

Artikel Terkait