22 Juli 2024 | Tim Media UISI

“Tumbuhlah Generasi Unggul!” Peningkatan Potensi Generasi Muda oleh Mahasiswa UISI

5 Mahasiswa UISI jadi Fasilitator Beasiswa

UISI - Perusahaan Smelter Tembaga di Gresik, PT Smelting menyelenggarakan program beasiswa bertajuk Pelajar Tangguh Smelting bersama Yayasan Nurul Hayat (NH) Cabang Gresik. Program yang dimulai sejak 2023 tersebut menaungi 25 siswa SMK dan SMA Swasta di Kabupaten Gresik. Program Beasiswa Pelajar Tangguh ini bertujuan untuk mewujudkan pelajar pra sejahtera di Gresik yang tangguh, visioner, mandiri, beradab, dan siap menyongsong masa depan terbaik. Dalam pelaksanaannya terdapat kursus atau belajar kelompok, kajian dan pembekalan, test minat dan bakat, latihan keterampilan manajemen pelajar, kelas khusus minat & bakat, report dan evaluasi. Kegiatan ini telah dilaksanakan di beberapa desa di Kabupaten Gresik selama 4 bulan, dari bulan Maret hingga Juli 2024. 

Dalam program ini beberapa mahasiswa dari Universitas Internasional Semen Indonesia berkesempatan untuk bergabung sebagai fasilitator program. Terdapat 5 orang fasilitator yang terdiri dari Teo Arya Pradana mahasiswa Akuntansi, Aulia Hapsari dan Agil Prasetyo mahasiswa Manajemen Rekayasa, Diah Frisma Dwi Wahyu A mahasiswa TIP, terakhir Nurul mahasiswa Ekonomi Syariah. Para fasilitator bekerja keras untuk mempersiapkan materi sekaligus memberikan pendampingan secara langsung kepada seluruh mitra siswa yang tergabung dalam program hingga membuat laporan hasil evaluasi belajar siswa mitra.

“Dengan pendampingan belajar karakter yang baik, kita dapat membantu adik-adik siswa SMA dan SMK untuk menjadi individu yang lebih baik, yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan sikap yang baik untuk menghadapi dunia yang kompleks dan beragam” ujar Teo, mahasiswa Akuntansi UISI selaku fasilitator.

“Karakter dan pemahaman akan nilai-nilai yang baik akan melahirkan generasi yang baik juga. Prinsip ini selalu diyakini oleh saya selaku mahasiswa yang pernah menjabat sebagai Wakil Presiden BEM Galaxy UISI untuk terus berkontribusi dalam berbagai program inspiratif dengan pendekatan yang berbeda-beda. Hal ini pula yang terus kami pegang selama melakukan pendampingan pada program “Pelajar Tangguh” agar setiap mitra pelajar dapat mengenal dan mengembangkan potensinya”.

“Tujuan kami tidak hanya terbatas pada keunggulan secara akademik, melainkan juga kemampuan nonakademik seperti keterampilan bisnis, olahraga, dan lain sebagainya dengan berlandaskan penguatan iman. Oleh karena itu kami berhati-hati dan berusaha mempersiapkan dan menyiapkan materi dengan baik agar tujuan tersebut dapat tercapai” Lanjutnya.

Program berkelanjutan ini memiliki beberapa target dan capaian yang sudah mulai terlihat seperti beberapa mitra pelajar yang diterima di PTN/PTS ternama, menjuarai lomba, dan lain sebagainya sehingga dapat menjadi pelecut semangat bagi para fasilitator untuk terus mendampingi mitra pelajar. “Kami mahasiswa UISI berkomitmen untuk dapat selalu berperan dan berkontribusi bagi program pengabdian kepada masyarakat utamanya dalam bidang pendidikan seperti ini” Pungkasnya. (may)

Artikel Terkait