29 Oktober 2023 | Tim Media UISI

UISI Kembali Lolos Wirausaha Merdeka di Universitas Airlangga

Mahasiswa UISI kembali lolos program Wirausaha Merdeka di Universitas Airlangga

UISI - Mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) memiliki kesempatan untuk mengembang diri mereka diluar kampus hal sesuai dengan program merdeka belajar yang telah ditetapkan oleh menteri pendidikan. 

Nah, pada kesempatan kali ini akan diulas tentang pengalaman dari salah satu mahasiswa UISI yang lolos program Wirausaha Merdeka Kampus Merdeka di Universitas Airlangga. Untuk kalian yang ingin tahu tentang cerita pengalamannya simak penjelasan berikut ini! 

Apa Saja Pengalaman Yang Didapat?

Narasumber pada kesempatan kali ini yang bernama Fitrah Meilani mahasiswa yang berasal dari departemen Manajemen, beliau akan menceritakan pengalamannya ketika lolos dan mengikuti program Wirausaha Merdeka di UNAIR. 

Sebelum beliau lolos mengikuti program tersebut tentunya ada beberapa tahap pendaftaran yang harus diikuti, antara lain : 

  1. Melakukan pendaftaran di web wirausaha merdeka
  2. Membuat Executive Summary 
  3. Setelah dinyatakan diterima, kemudian ada tahapan wawancara oleh pihak unair

Nah, Wirausaha Merdeka Unair bernama Airlangga Collaborative Entrepreneur Camp (ACEC) yang diselenggarakan guna untuk mempersiapkan lulusan perguruan tinggi dalam meniti karir maupun membangun usaha, menanamkan pola pikir dan kompetensi dasar dalam berwirausaha, hingga mendorong peningkatan pengalaman kewirausahaan mahasiswa, dimana para peserta akan mendapatkan pengetahuan serta pengalaman praktis dalam berwirausaha langsung dengan para pakar bisnis untuk memperoleh keleluasaan pembelajaran dan pengalaman di luar kampus baik di universitas lain dan dunia industri. 

Dalam program tersebut ada 3 tahap pembelajaran, antara lain : 

  • Ideapreneur (pre-immersion) : peserta  bertemu pakar wirausaha sukses skala dalam kelas bootcamp serta magang industri untuk mempelajari keterampilan dasar dalam kewirausahaan hingga dapat memvalidasi ide bisnisnya. 
  • Entrepreneur pathways (immersion) : peserta diberikan pendalaman pengetahuan proses bisnis dengan bersama para mentor yang sudah ditetapkan tiap kelompok. Dilaksanakan setiap hari selasa - jumat agar mampu menerjemahkan ide dalam model bisnis hingga melakukan prototyping.
  • Startupreneur (post-immersion) : mahasiswa  mendapatkan coaching pengembangan produk, market analysis, demoday, hingga expo untuk validasi produk oleh target pasar agar memiliki kemantapan berwirausaha yang berkelanjutan.

Bagi kalian yang tertarik mengikuti program tersebut silahkan pantau terus website wirausaha merdeka, bila ada program yang akan diselenggarakan segera lakukan pendaftaran dan ikuti proses seleksi dengan benar.  (may)

Artikel Terkait