15 Juni 2020 | Tim Media UISI

UISI Siap Menuju New Normal, Ini Langkahnya!

Universitas Internasional Semen Indonesia bersiap menuju New Normal. Beradaptasi dengan budaya baru di tahun ajaran baru 2020/2021.Ada beberapa scenario dan tahap UISI dalam mensukseskan New Normal di lingkungan kampus, diantaranya…

Pemerintah Kabupaten Gresik telah mengakhiri masa Penerapan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sudah berjalan sebanyak III tahap. Bupati Gresik menyampaikan, pihaknya memilih untuk mengakhiri PSBB namun masyarakat harus tetap menerapkan physical distancing dan social distancing dengan baik dan benar serta rajin mencuci tangan. Dan bersiap memasuki era New Normal.
Maka, Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) bersiap menuju New Normal. Beradaptasi dengan budaya baru di tahun ajaran baru 2020/2021.Ada beberapa skenario dan tahap UISI dalam mensukseskan New Normal di lingkungan kampus, diantaranya:


1. Membentuk Tim Perumusan dan Tim SATGAS Covid – 19

Tim Perumusan untuk merumuskan strategi jangka panjang New Normal. Dan Tim SATGAS Covid – 19 untuk memonitoring setiap harinya apakah New Normal UISI berjalan dengan baik ataukah ada hambatan. “Dalam konsep New Normal di UISI ini, kita akan jadikan keselamatan seluruh sivitas sebagai fokus pertama,” papar Nova, Ketua Tim Perumusan Covid – 19.


2. Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru berbasis Online dan Offline tetap berjalan.

Kegiatan Offline dilakukan setiap hari Senin – Jumat pukul 09.00 – 14.00 WIB. Dengan meneraapkan sesuai protokol kesehatan dan jam kerja New Normal. Seluruh pendaftaran mahasiswa baru sampai tahap daftar ulang bisa dilakukan secara online maupun offline guna mempermudah calon mahasiswa baru UISI. Namun untuk pelaksanaan seleksi masih dilakukan secara daring.


3. Sosialisasi kepada Mahasiswa Baru, Lama, dan Orangtua/wali terkait penerapan New Normal di UISI.

Saat ini masih diberlakukan perkuliahan dan ujian akhir semester mendatang secara daring, dengan menggunakan platform Zoom atau Google Hangout Meet. Oleh karenanya, UISI akan menyelenggarakan forum online bersama orangtua/mahasiswa guna mengkomunikasikan protokol New Normal UISI mendatang.


4. Kegiatan Belajar Mengajar di Kampus dan Bekerja di Kantor Bagi Karyawan sesuai protokol kesehatan.

Mulai dari kesiapan protocol new normal berangkat ke kampus, ketika bekerja di kantor, Dosen saat di dalam kelas, mahasiswa masuk kelas dan di dalam kelas, ketika jam istirahat dan ketika pulang dari kampus. Untuk karyawan saat ini telah diberlakukan sistem piket, dan untuk kegiatan belajar mengajar offline akan dilakukan di bulan Desember 2020. Di lingkungan kampus sendiri telah dilengkapi dengan berbagai macam peralatan seperti, hand sanitizer, tempat cuci tangan, pengecekan suhu badan dan lain – lain.


5. Prosedur Menerima Tamu, Dokumen, dan Paket di Kantor

Membatasi menerima tamu, hanya di jam 09.00 – 15.00 WIB dan jumlah maksimum 4 orang. Tamu wajib mencuci tangan dan menggunakan masker. Adanya pengisian formulir self assessment untuk tamu dan ditandatangani oleh si penerima. Paket yang akan diterima di lingkup UISI akan diseterilkan menggunakan desinfektan dan penggunaan masker dan sarung tangan wajib bagi satpam/resepsionis.

6. Prosedur Komunikasi Resiko dan Peningkatan Kesadaran Kolektif.

Bijak dalam berkomunikasi di media sosial dengan menyebarkan semangat positif. Berkomunikasi dalam forum offline (kelas/rapat) mengawali forum dengan mengingatkan akan pentingnya protocol kesehatan. Dan dihimbau agar tidak memilih topik pembicaraan terkait pandemi yang bersifat menakut – nakuti.

Desember 2020, UISI sudah berbudaya baru. Tidak ada lagi ketakutan dan kekhawatiran dari Mahasiswa maupun dari pihak wali mahasiswa untuk menerapkan New Normal di UISI. Karena Sosialisasi yang telah dilakukan sebelumnya. - UISI siap New Normal – (*)

Artikel Terkait