Tim So Crezz setelah memenangi kategori makanan dan minuman didampingi dosen UISI
Tim So Crezz setelah memenangi kategori makanan dan minuman didampingi dosen UISI
22 November 2018 | Tim Media UISI

Ungguli Bidang Makanan dan Minuman di Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) di IPB

Hasil olahan sorgum berupa makanan ringan bermerek dagang So Crezz yang dibentuk oleh 5 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen berhasil meraih juara 1 kategori makanan dan minuman pada Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia ke IX di IPB.

Gresik -  Prestasi luar biasa telah diraih Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) pada Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) IX tahun 2018 yang diselenggarakan di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tanggal 10-11 November 2018. Secara keseluruhan Ekspo KMI tersebut diikuti oleh 124 universitas di Indonesia dengan partisipan kurang  lebih 1.200 orang. Salah satu tim delegasi dari UISI berhasil meraih Juara 1 kategori makanan dan minuman dari beberapa kategori yang ada. Produk yang berhasil memenangi ajang tersebut adalah So Crezz. So Crezz merupakan hasil olahan dari tumbuhan sorgum yang berhasil dikembangkan oleh mahasiswa Program Studi Manajemen menjadi makanan ringan atau snack  dalam berbagai varian rasa. Terdapat 5 rasa, yaitu chocochips,  original, matcha, abon, dan  keju serta 2 dua jenis ukuran yaitu 75 gram seharga Rp.15.000,-  dan 20 gram seharga Rp.5.000,- .

Melihat ke belakang, So Crezz awalnya adalah salah satu  proposal Progrram Kreativitas Mahasiswa yang berhasil mendapatkan pendanaan pada tahun 2017. Lalu,, penjualan baru dimulai pada bulan Juli tahun 2018. Tim So Crezz  yang dibentuk oleh  Yulia Nur Rohmawati, Anisah Firdausiah Oktarilivyana, Ahmad Musonnif Dzulfikri, Eka Nur Fadilah, dan  Hans Febrianto Setyo ini rupanya sudah bergabung dengan Incubes untuk menambah relasi dan mentor. Incubes adalah sebuah wadah  kewirausahaan yang diperuntukkan bagi alumni/mahasiswa/keluarga besar UISI yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Lalu secara kebetulan pihak UISI mendelegasikan 5 tim yang mempunyai konsep bisnis dan ternyata 4 tim lolos untuk mengikuti Ekspo KMI ke 9. Tak mau menyia-nyiakan kesempatan, tim So Crezz menyiapkan waktu sekitar satu minggu untuk mempersiapkan tim dan produknya untuk dipresentasikan pada hari Minggu (11/11). “Kendala yang kami rasakan ada pada saat membawa barang sebanyak 150-170 produk siap jual dan berbagai perlengkapan lain, sedangkan harus berbagi tempat dengan penumpang lain di dalam kereta api.  Harapannya UISI dapat memfasilitasi lebih pada tahun-tahun berikutnya,” ujar Hans selaku salah satu anggota tim.

Hans pun berharap nantinya akan ada yang melanjutkan prestasi pada Ekspo KMI tahun selanjutnya. Karena sangat disayangkan ketika sudah ada yang berhasil mendapatkan juara namun tidak ada penerusnya. Dari pihak So Crezz sendiri akan mengembangkan produknya lebih bervariasi lagi sehingga bisnis tetap bisa berjalan dan tidak berhenti pada peraihan  juara kali ini. (rry/uda)

 

Artikel Terkait