15 Mei 2019 | Tim Media UISI

WORKSHOP PKM 2019: Mantapkan Mahasiswa UISI Unggul dengan Kreatifitasnya.

Workshop yang diadakan pada Jumat (10/05) mendiskusikan mengenai kiat-kiat dan tips yang baik dan benar dalam penyusunan Program Kreatifitas Mahasiswa ( PKM ) mulai dari pembuatan poster, hingga format pembuatan laporan kemajuan dan laporan akhir.

UISI- upaya peningkatan dan pengembangan kualitas mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) terus dilakukannya melalui prestasinya. Salah satunya adalah berperan aktif pada lomba Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Sebagai mendukung peningkatan tersebut, UISI mengirimkan mahasiswa dan dosen pembimbing sebagai delegasi dalam kegiatan “Workshop Peningkatan Mutu Proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM)” yang diadakan oleh kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI).

Kegiatan ini diadakan pada Jumat (10/05) mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 di Hotel Regent’s Park, Malang. Workshop yang dihadiri oleh seluruh universitas dari Jawa Timur membahas tentang unsur creative design dengan memerhatikan konten yang jelas dan padat, kemudian mengenai format pembuatan laporan kemajuan dan laporan akhir, serta kiat saat menghadapi monitoring dan evaluasi (MONEV) eksternal agar peserta yang lolos dapat mempresentasikan pencapaian yang sudah 100% di hadapan juri Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Melalui workshop tersebut, UISI berkesempatan untuk terus menggali dan mengevaluasi mahasiswa dalam menyusun karya ilmiah atau  PKM.

Menurut Eka Lutfi Septianti, S.T., M.T. , "mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia perlu lebih tekun dalam penggarapan Program Kreatifitas Mahasiswa. Mahasiswa perlu persiapan dan proses running yang matang dalam menyusun PKMnya".

Setelah mengikuti workshop yang diadakan oleh ristekdikti, Eka Lutfi Septianti, S.T., M.T. selaku dosen pembimbing PKM berharap bahwa mahasiswa UISI perlu tau dan mengerti mengenai PKM. Penyusunan abstrak, dan lain sebagainya. Selain itu, diharapkan untuk bidabg kewirausahaan dapat berlanjut ke mass production

"ilmu dan tips-tips yang didapatkan melalui workshop siap ditularkan kepada seluruh mahasiswa UISI, dan mahasiswa dapat mendapatkan gambaran mengenai penyusunan PKM  yang sesuai." Harap ibu Eka saat wawancara.

Selain itu, ibu Eka Lutfi Septianti, S.T., M.T. juga berharap hasil dari PKM khususnya pada bidang kewirausahaan dapat berlanjut ke mass production. (frd/fns )

Artikel Terkait