Teknologi Agroindustri Kembangkan Ekonomi Kreatif Desa Balikterus Bawean
Teknologi Agroindustri Kembangkan Ekonomi Kreatif Desa Balikterus Bawean
2 September 2022 | Tim Media UISI

Teknologi Agroindustri Kembangkan Ekonomi Kreatif Desa Balikterus Bawean

Pemberdayaan Petani Gula Aren Melalui Standarisasi Produk dan Inisiasi Kelompok Usaha Bersama untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif Desa Balikterus, Pulau Bawean

Mahasiswa saat ini tidak hanya diharapkan untuk dapat berprestasi secara akademis, tetapi juga untuk dapat berkontribusi terhadap masyarakat di sekitar mereka. PPK Ormawa HIMATRIAN UISI memilih Pulau Bawean tepatnya di Desa Balikterus sebagai mitra pelaksanaan program PPK Ormawa dengan mengusung tema ekonomi kreatif desa dengan judul “Pemberdayaan Petani Gula Aren Melalui Standarisasi Produk dan Inisiasi Kelompok Usaha Bersama untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif Desa Balikterus, Pulau Bawean”. Pada Sabtu 13 Agustus 2022, telah terlaksana sosialisasi perdana pelaksaan Program Penguatan Kapasitas Ormawa HIMATRIAN UISI yang meliputi prosedur pengajuan KUB, Standarisasi gula aren, re-branding produk, dan distribusi produk yang bertempatan di Balai desa Balikterus kecamatan Sangkapura. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh kurang lebih 40 peserta termasuk perangkat desa dan kepala dusun serta Kelompok Tani Hutan (KTH).

Sosialisasi Tim PPK Ormawa HIMATRIAN UISI

“Program pemberdayaan petani gula aren yang kami usung untuk tiga bulan kedepan yaitu meliputi prosedur pengajuan KUB, Standarisasi gula aren, re-branding produk, dan distribusi produk yang bertempatan di Balai desa Balikterus kecamatan Sangkapura. Serta program ini berfokus pada pada penguatan Kelompok Tani Hutan (KTH) Mustika Gula Aren yang sebelumnya sudah terbentuk kurang lebih tiga bulan lalu oleh salah satu masyarakat Desa Balikterus  yang telah memiliki struktural yang baik.” Ujar Dosen Pembimbing, Azmi Alvian Gabriel S.Tp., M.PM.

Sosialisasi Tim PPK Ormawa HIMATRIAN UISI

Acara sosialisasi ini juga ditujukan untuk menyampaikan rancangan program, diskusi bersama masyarakat, meminta izin saran dan masukan untuk kelancaran program PPK Ormawa HIMATRIAN di Desa Balikterus. Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat dan perangkat pemerintahan desa terkait yang berlangsung lancar dan disambut baik oleh warga Desa Balikterus.

Abdur Rachman selaku perangkat desa bagian perencanaan berharap program yang sangat bagus ini bisa terus berlanjut sesuai rencana yang tertuang dalam proposal. Selain itu, Anshari juga selaku Ketua KTH Gula Aren meminta tim PPK Ormawa Himatrian yang turun secara langsung dapat memberikan manfaat bagi warga desa dengan menerapkan ilmu pengetahuan untuk pengembangan ekonomi masyarakat desa, serta dapat membantu mengatasi segala permasalahan mitra berkaitan dengan pengurusan izin dan pemasaran gula aren dari Desa Balikterus (Anshari).

Artikel Terkait