Antusias Para Peraih Juara LOGISTICHAMP 2018
Antusias Para Peraih Juara LOGISTICHAMP 2018
11 Februari 2018 | Tim Media UISI

Asyiknya Belajar Logistik Melalui Kompetisi LOGISTICHAMP 2018

Departemen Teknik Logistik UISI menyelenggarakan LOGISTICHAMP 2018 dengan tema “Strategi Logistik sebagai pendukung performa perekonomian Indonesia” di Kampus A Universitas Internasional Semen Indonesia.

Sabtu (10/2), Departemen Teknik Logistik merupakan jurusan pertama yang ada di Indonesia. Untuk pertama kalinya di tahun 2015 Universitas Internasional Semen Indonesia membuka jurusan yang tergolong baru ini. Teknik Logistik sendiri mempelajari tentang perencanaan dan manajemen aliran barang dari pemasok, perusahaan sampai barang diterima oleh konsumen.

Tahun ini Departemen Teknik Logistik kembali mengadakan kompetisi bergengsi dalam lomba kelogistikan tingkat nasional yang diperuntukkan bagi siswa SMA/SMK sederajat. Namun ada yang berbeda pada kompetisi kali ini. kegiatan yang dinamakan LOGISTICHAMP tersebut mengusung acara yang berbeda. Acara yang diselenggarakan dengan mengusug tema  “Strategi Logistik sebagai pendukung performa perekonomian Indonesia” ini dikemas dengan berbagai permainan dan simulasi berkonten kelogistikan yang unik. Kompetisi LOGISTICHAMP 2018 ini pun menjadi lebih istimewa karena mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur berupa pemberian piala gubernur kepada sekolah yang sudah masuk ke babak final. 

Melalui  kegiatan ini peserta lomba dapat menyelesaikan masalah dengan berfikir logis dan kreatif sehingga mereka dapat merasakan esensi tersendiri dalam memahami kelogistikan ketika mengikuti lomba. LOGISTICHAMP 2018 terdiri atas 3 kompetisi yang dapat diikuti, yakni Logistic On CompetitionLogistic Poster dan  Logistic Video. Logistic on Competition adalah kompetisi utama pada kompetisi kali ini untuk menguji pengetahuan dan kepekaan terhadap logistik. Logistic Poster adalah kompetisi membuat desain poster, dan Logistic Video adalah kompetisi membuat video mengenai logistik.

Setelah melalui penyisihan online yang diikuti dari berbagai SMA/SMK sederajat. Tim yang lolos akan mengikuti babak selanjutnya diadakan di kampus A UISI. Seleksi yag ketat tersebut telah meloloskan 22 tim dalam Logistic on Competition untuk mengikuti babak semifinal, dan berpartisipasi dalam game yang diadakan yaitu warehouse dan transportation. Dalam game warehouse kali ini merupakan game terbaru dan berbeda dari kompetisi di tahun sebelumnya. permainan dengan menggunakan scan barcode pada berbagai jenis barang tersebut memberikan tantangan tersendiri bagi peserta LOGISTICHAMP 2018. Seluruh semininalis ditantang untuk menyusun barang di rak pada ruangan yang didesain mirip seperti gudang pada umumnya. Inilah yang menjadi daya tarik sendiri dalam kompetisi kali ini dan memberikan pengalaman baru bagi para peserta terpilih.

Tidak kalah seru, game transportation yang juga diikuti oleh peserta dirancang sama dengan tahun sebelumnya yaitu menggunakan game STOWA. Untuk 5 tim terbaik yang lolos ke babak final kemudian diminta untuk melakukan simulasi network distribusi dengan mempertimbangkan kuantitas barang dan jarak yang akan ditempuh. Permainan ini ditujukan untuk menentukan moda transportasi apa yang paling tepat dalam mengirimkan permintaan kepada pelanggan. game transportation ini mengajak peserta untuk berfikir logis sehingga dapat memunculkan kreativitas peserta dalam menentukan keputusan yang paling efektif dan efisien dalam menentukan suatu keputusan, khususnya di bidang logistik.

Peserta yang menjadi juara dalam kompetisi kali ini, berhak mendapatkan total hadiah senilai total 15 juta Rupiah. Juara pertama Logistic on Competition berhasil diraih oleh SMA Kristen Gloria Surabaya, peraih poster terbaik dalam Logistic Poster adalah Tim SMADA SMAN 2 Nganjuk, dan peraih kategori Video terbaik dalam Logistic Video adalah Tim One Bit SMAN 1 Babat Lamongan. selain itu, SMAK 1 Gloria Surabaya telah berhasil membawa pulang piala gubernur pada kompetisi ini.

Pada rangkaian dari kompetisi ini juga diadakan photo contest bagi peserta dengan mengunggah foto saat mengikuti kegiatan LogistiChamp di sosial media instagram. Bagi pemenang photo contest diumumkan saat hari itu juga. Selain itu, ada bazar yang mengundang 10 prodi Universitas Internasional Semen Indonesia dengan menjual berbagai makanan dan minuman hasil karya mahasiswa. Adanya berbagai kegiatan yang beragam memberikan kesan tersendiri yang menjadikan LOGISTICHAMP 2018 lebih istimewa dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan tentang logistik kepada siswa ini juga dimanfaatkan sebagai ajang sharing ilmu tentang teknik logistik. Adanya kegiatan ini diharapkan bagi peserta mampu memperoleh ilmu pengetahuan sekaligus gambaran mengenai peranan teknik logistik di industri khususnya. “Harapannya lebih banyak dan lebih luas lagi peserta yang berpartisipasi. Dari kegiatan ini pula, kita bisa menyebarkan ilmu tentang teknik logistik di tingkat nasional.” Ujar Faisal selaku Dosen Teknik Logistik yang juga menjadi penanggung jawab kegiatan LOGISTICHAMP 2018.[aar/emb]

Artikel Terkait