Bangkit Bersama UISI dan Sandiaga Uno, 1500 Peserta Ikut Tergabung!!
Bangkit Bersama UISI dan Sandiaga Uno, 1500 Peserta Ikut Tergabung!!
4 Mei 2020 | Tim Media UISI

Bangkit Bersama UISI dan Sandiaga Uno di Tengah Pandemi, 1500 Peserta Ikut Tergabung!!

Pada Kesempatan kali ini, Senin (04/05) mempersembahkan CUBETALKS Edisi 1 dengan Pembicara H. Sandiaga Salahuddin Uno. Beliau akan membagi ilmu seputar "Menjadi Entrepreneur Produktif dan Kreatif di Masa Pandemi" dengan dimoderatori oleh Tyas Nastiti.

Dampak pandemi COVID - 19 membuat semua bisnis menjadi redup. Terutama dari segi sektor UMKM. Peran konsumen secara langsung terhenti dan pengusaha dituntut untuk lebih kreatif dan dinamis dimasa pandemi. Oleh karena itu, Universitas Internasional Semen Indonesia melalui INCUBES UISI berinisiatif menghadirkan sebuah kegiatan WEBINAR dengan topik Kewirausahaan. Yakni CUBETALKS, dimana webinar ini akan diadakan berkali - kali dalam beberapa Edisi dan mendatangkan beberapa narasumber kreatif.

Pada Kesempatan kali ini, Senin (04/05) mempersembahkan CUBETALKS Edisi 1 dengan Pembicara H. Sandiaga Salahuddin Uno. Beliau akan membagi ilmu seputar "Menjadi Entrepreneur Produktif dan Kreatif di Masa Pandemi" dengan dimoderatori oleh Tyas Nastiti. Bekerjasama dengan MPM Berbagi dan diselenggarakan juga oleh Rumah Siap Kerja dan Relawan Siaga. Acara diadakan melalui Google Hangout Meet dan Live Streaming channel Youtube Hubungan Masyarakat UISI dengan Total audience mencapai 1500. Antusias yang besar ketika mengikuti Webinar ini adalah salah satu upaya tetap produktif bagi masyarakat untuk tetap semangat dan berjuang bangkit menghadapi pandemi COVID - 19.

Adanya Covid 19 telah menghentikan laju ekonomi dunia secara merata. Bukan hanya krisis Ekonomi, namun krisis Kesehatan. Seperti Amerika, Inggris, Eropa, dan Jepang telah mengalami dampak penurunan Ekonomi secara merata. Di Indonesia Dampak Negatif ekonomi global dirasakan Indonesia, khususnya UMKM. Dampak Corona terhadap UMKM, 70% merasakan turunnya penjualan. Terdapat kendala distribusi, bahan baku, dan hambatan produksi. Memang Ekonomi Indonesia mayoritas merupakan Ekonomi yang bertulang punggungkan UMKM. Papar Sandiaga Uno di CUBETALKS edisi 1.

Terdapat sektor yang mengalami penurunan penjualan, tapi ada juga sektor mengalami lonjakan permintaan. Pandemi telah merubah pola konsumsi dan menghambat secara sosial dan fisik. Sandiaga Uno menyebutkan bahwa kita harus mempunyai strategi efisiensi bertahan, realokasi, beradaptasi ke The New Normal dan peluang yang baru. Mampu beradaptasi kepada sektor - sektor pasca COVID - 19.

Beberapa sektor usaha juga mengalami peningkatan, yang pertama Internet dan Komunikasi. Seperti contohnya terhubung dengan Google Meet yang didukung dengan peralatan webcam, speaker, microphone maupun peralatan - peralatan lainnya. Yang kedua dari Sektor Kesehatan meningkat, Vitamin, obat - obatan untuk mencegah penyakit telah habis terjual, masyarakat sering berolahraga ketika berada dirumah saja dan jamu untuk meningkatkan imun tubuh mengalami peningkatan permintaan. Ketiga sektor Rumah Tangga itu juga meningkat karena semua anggota masyarakat banyak di rumah, mereka melakukan perbaikan di rumah. Yang terakhir Online, E - Commerce juga meningkat, melakukan pengembangan diri dengan mengikuti pelatihan - pelatihan online "Belajar adalah Investasi". Begitu ungkap Sandiaga Uno dalam beberapa sektor yang mengalami peningkatan di pandemi COVID - 19 saat ini.

"Siapkanlah diri anda bukan hanya mencari lapangan kerja tapi ciptakanlah lapangan kerja. Tumbuhkan pengetahuan dan pengembangan diri pada saat sekarang. Ini saat yang tepat untuk kita up skilling, skill kita tingkatkan dan kita mampu untuk mengambil hikmahnya dari pandemi COVID - 19. Bangsa ini sudah banyak melewati krisis - krisis, di era modern kita sudah melewati beberapa krisis dan Bangsa ini mampu karena memiliki nilai - nilai luhur yaitu gotong royong, saling peduli, dan saling tolong menolong. Saya melihat banyak sekali mungkin ada 15 juta lebih dari saudara - saudara kita akan kehilangan pekerjaan. Teman - teman mahasiswa mempunyai tugas khusus dan tanggung jawab untuk saling bahu membahu menciptakan lapangan kerja. Juga kita melihat Ibu dan emak - emak di beberapa wilayah Indonesia mengalami kesulitan pangan, adek - adek Mahasiswa harus mampu bersama sama saya nanti menciptakan peluang. Kita mampu mandiri dan kita mampu menyediakan bahan pokok dengan harga terjangkau. Itu pesan saya sehingga COVID - 19 ini kita lalui dan kita akan bangkit di masa sulit dan kita mampu lebih kuat lagi, bukan hanya secara ekonomi tapi sebagai bangsa dan negara." Pesan Sandiaga Uno terhadap Mahasiswa seluruh Indonesia.

Pesan yang disampaikan oleh Sandiaga Uno menutup daring yang dilakukan hari ini. Ratusan pertanyaan dan komentar menghujani Live Streaming CUBETALKS edisi 1 di channel youtube Hubungan Masyarakat UISI. Dan 4 Mahasiswa/i Universitas Internasional Semen Indonesia menerima Beasiswa SIAGA dari Sandiaga Uno.

"Semoga acara ini akan makin mengukuhkan sebuah upaya bahwa kewirausahaan adalah bagian tidak terpisahkan dalam pembangunan ekonomi bangsa kita. Ujian COVID - 19 ini betul betul membuka hati kita dan pikiran kita bahwa sesungguhnya yang diperlukan bangsa ini secara mendasar adalah Sebuah pembangunan Ekonomi berdasarkan kekuatan rakyat." Prof. Dr. Ing Herman Sasongko selaku Rektor Universitas Internasional Semen Indonesia.

Artikel Terkait