Lima Rektor dari Universitas Korporasi BUMN
Lima Rektor dari Universitas Korporasi BUMN
1 November 2017 | Tim Media UISI

Lima Universitas Sinergi Bentuk APERTI BUMN

APERTI BUMN (Aliansi Perguruan Tinggi Swasta Berbasis Badan Usaha Milik Negara) diresmikan oleh Bapak Agus Puji Prasetyo, Staf Ahli Menteri Ristekdikti bidang Relevansi IPTEK Dikti pada Sabtu (28/10) di Gedung Pos Lapangan Banteng, Jakarta.

APERTI BUMN (Aliansi Perguruan Tinggi Swasta Berbasis Badan Usaha Milik Negara) diresmikan oleh Bapak Agus Puji Prasetyo, Staf Ahli Menteri Ristekdikti bidang Relevansi IPTEK Dikti pada Sabtu (28/10) di Gedung Pos Lapangan Banteng, Jakarta. Aliansi ini didirikan oleh lima Perguruan Tinggi berbasis BUMN yaitu Sekolah Tinggi Teknik Perusahaan Listrik Negara (STT PLN), Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG), Telkom University (TEL U), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), dan Universitas Pertamina (UP).

"APERTI BUMN dibutuhkan karena masing-masing universitas memiliki spesialisasi yang dibutuhkan di dunia industri," ujar ketua umum APERTI BUMN, Prof Akhmaloka, Ph.D. Rektor UP ini juga menerangkan misalnya STT PLN spesialisasi di bidang kelistrikan, STIMLOG di bidang logistik, TEL U di bidang teknologi informasi dan komunikasi, UISI di bidang persemenan, dan UP di bidang energi.

Para Perguruan Tinggi ini akan berkolaborasi dalam lima bidang yaitu: penelitian, pengabdian masyarakat, akademik, kerjasama kelembagaan, dan pengembangan sumber daya. ”Salah satu kelebihan PerguruanTinggi yang tergabung dalam APERTI BUMN ini adalah dekat dengan industri. Hal inilah yang memungkinkan  anggotanya mengimplementasikan konsep Triple Helix (Academic, Business, and Government) secara bersama-sama. Sudah saatnya kita membuat suatu applied research yang sesuai dengan kebutuhan industri.” papar Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan APERTI BUMN, Dr. Ir. Supriadi Legino, yang juga sekaligus Ketua STT – PLN.

Salah satu bentuk kegiatan kolaborasi adalah dengan mengadakan forum diskusi ilmiah tingkat nasional yang diberi tajuk APERTI BUMN Discussion Series. Kali ini forum diskusi perdana mengangkat tema Logistik Digital yang diadakan setelah persemian APERTI BUMN.

Hadir sebagai pembicara kunci yaitu Bapak Suhanto, Staf ahli bidang iklim usaha dan hubungan antar lembaga Kementrian Perdagangan Dalam Negeri, setelah itu terdapat talkshow pembicara panelis ahli logistik yang berasal dari lima perusahaan BUMN, induk dari APERTI BUMN, yaitu Said Reza Pahlevy (direktur administrasi dan keuangan Pertamina Patra Niaga), Adel Rahadi (CEO Sinergi Informatika Semen Indonesia), Ery Prabowo (direktur  niaga ICON+), Jati Widagdo (direktur IT dan Operasional Indonesia Logistics Community Service), dan Yuzon Emran (direktur utama Pos Logistik).

Artikel Terkait