Mahasiswa DKV UISI sedang melukis mural di dinding awikoen tama
Mahasiswa DKV UISI sedang melukis mural di dinding awikoen tama
14 Mei 2018 | Tim Media UISI

Banjir Mural Komik di Kampung Awikoen Gresik

Lukisan Mural komik dalam Festival Kramik Wengi oleh Departemen Desain Komunikasi Visual di kampung Awikoen Tama Tengah

Gresik - Kampung Awikoen Tama yang dekat dengan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) sedang menjadi pusat perhatian berkat karya para mahasiswa Desain Komunikasi Visual. Karya mural komik yang dibuat merupakan salah satu rangkaian acara dari Festival Kramik Wengi 2018 yang diselenggarakan Sabtu (12/5). Dinding di sepanjang jalan Awikoen Tama Tengah RT.03/RW.02 menjelma menjadi medium lukisan mural yang mendukung keindahan serta kecintaan terhadap alam.

Beberapa warga ikut serta membantu melukis dan meramaikan acara ini. Selain itu, kegiatan lukis mural ini juga dihadiri beberapa komunitas yaitu Komunitas Mural Gresik, Gresiknesia hingga beberapa mahasiswa Desain Komunikasi Visual UPN Veteran Surabaya dan UNUSIDA Sidoarjo untuk menyalurkan karyanya. Pelaksaan kegiatan ini merupakan salah satu upaya mahasiswa DKV UISI dalam menjalankan P3 perguruan tinggi yakni program pengabdian masyarakat.

“Kegiatan ini memang sengaja dibentuk dan dilakukan untuk warga sekitar kampus, soalnya menjunjung program pengabdian masyarakat yang lebih mengarah pada penghijauan lingkungan dengan estetika lukisan.” ungkap Putri, salah satu panitia dalam kegiatan tersebut. 

Acara Festival Kramik Wengi sendiri diawali dengan melakukan senam bersama dengan warga kampung Awikoen. Pada penghujung acara, warga awikoen dihibur oleh beberapa penampilan dari Sims UISI, Mocopat Gresik, teater dan pemutaran film. Seluruh warga berkumpul dan meramaikan penampilan dengan harapan dapat melestarikan budaya Indonesia khususnya yang hampir punah.

"Kegiatan ini bagus, seru dan semoga untuk kelanjutannya dapat mengubah menjadi lebih baik." Ujar Ibu Enda, salah seorang warga kampung Awikoen (fns)

Artikel Terkait