8 April 2021 | Tim Media UISI

Tingkatkan Pengetahuan UMKM Melalui Workshop Supply Chain Management

Workshop Supply Chain Management bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan UMKM khususnya di masa pandemi Covid-19.

Di masa pandemi Covid-19 ini tidak serta merta menyurutkan semangat masyarakat dalam menggali informasi untuk menambah pengetahuan. Saat ini juga telah banyak kegiatan yang diadakan secara online.  Universitas Internasional Semen Indoneia (UISI) bekerja sama dengan Binus University dan Universitas Pertamina telah sukses menyelenggarakan Workshop Supply Chain Management. Kegiatan workshop ini diselenggarakan pada Hari Kamis (08/04) secara online melalui Zoom Meeting.

Oki Anita Candra Dewi, M.T., CSCA selaku Dosen Teknik Logistik UISI juga turut berpartisipasi sebagai salah satu pemateri pada Workshop Supply Chain Management ini. Adapun tujuan diadakannya workshop tersebut adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait manajemen rantai pasok terutama untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. Pada sesi pemaparan materi, Oki menjelaskan bahwa Supply Chain Management (SCM) menjadi pusat perhatian sejak tahun 1980-an. SCM merupakan sistem yang melibatkan proses produksi, pengiriman, penyimpanan, distribusi, dan penjualan produk dalam rangka memenuhi permintaan akan produk tersebut. UMKM juga merupakan salah satu jenis usaha yang dituntut untuk meningkatkan kinerja supply chain yang dimilikinya. Hal ini dikarenakan UMKM berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Negara berkembang, karena dapat membuka kesempatan kerja dan sebagai pendukung bagi perusahaan-perusahaan berskala besar.

"Di masa pandemi Covid-19 yang juga merupakan era digital ini e-commerce terus berkembang karena penggunaan social media, market place, dan website online lainnya juga meningkat. Adanya media promosi yang semakin banyak, memudahkan konsumen dalam memilih berbagai produk tanpa harus datang ke toko. Hal ini membuat pasar menjadi semakin luas dan transaksi berjalan lebih cepat. Agar prosesnya dapat berjalan dengan baik tentunya harus memperhatikan persediaan. Selain untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, hal ini juga bertujuan untuk mengantisipasi adanya kenaikan harga dan akses musiman.” ujar Oki saat memaparkan materi.

Dengan diterapkannya strategi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan serta meningkatkan laba yang didapatkan oleh UMKM. Selain itu, kinerja UMKM juga diharapkan akan semakin baik. Kegiatan workshop ini berjalan dengan lancar dan antusiasme peserta juga sangat tinggi. (ara/ifs)

Artikel Terkait