Prof. Dr. Ir. Budi Santosa M.sc, Ph.D. menjadi keynote speaker pada kuliah umum kali ini
Prof. Dr. Ir. Budi Santosa M.sc, Ph.D. menjadi keynote speaker pada kuliah umum kali ini
2 Desember 2017 | Tim Media UISI

Belajar dan Menggali Ilmu melalui Kuliah Umum

Penerapan machine learning di dunia industri merupakan kuliah umum yang diselenggarakan departemen informatika pada tanggal 28 November 2017 di Auditorium kampus B UISI

Gresik,UISI- Penerapan machine learning di dunia industri merupakan tema dari kuliah umum yang diselenggarakan oleh departemen informatika. Sebelumnya telah diselnggarakan roadshow technopreneurship 2017  yang diadakan di Auditorium UISI, Selasa (28/11). Di sesi kedua ini mendatangkan seorang keynote speaker yakni Prof. Dr. Ir. Budi Santosa M.Sc, Ph.D.. Kuliah umum ini membahas bagaimana machine learning tersebut di terapkan di dunia industri

Machine learning sendiri adalah apa yang di pelajari data semakin banyak data maka akan semakin baik, dan intinya  bagaimana mengaplikasikan algorhitma yang ada pada komputer. Semakin kesini machine learning mendapatkan peran karena pekembangan teknologi komputer serta perkembangan data base dan jumlah data makin banyak maka akan semakin bagus lagi.

Kerja manusia semakin digantikan oleh mesin dan listrik. Sekarang dengan era baru cara berfikir manusia berbeda dengan era yang sebelumnya. “Dulu kita tidak pernah membayangkan bahwa kita bisa naik taksi dengan ongkos sepertiganya taksi biasa, namun berkat kemajuan teknologi ini kita bisa naik taksi dengan ongkos yang jauh lebih murah” ungkap bapak dosen teknik industri di ITS ini.

Machine learning dapat diterapkan pada aplikasi di industri ada berbagai macam yakni ada manufactur, retail, health care and life science, travel, and hospitally, financial service, dan lain sebagainya. Dan dari banyaknya materi yang disampaikan oleh beliau, terdapat materi yang disampaikan sebagai penutup adalah materi tentang 4 skill yang paling dibutuhkan hingga  tahun 2020 yang dibaca beliau melalui world economic forum. (lkf/ral)

 

Artikel Terkait