Sosok Syarifa Nur'aini salah satu finalis Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional tahun 2020
Sosok Syarifa Nur'aini salah satu finalis Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional tahun 2020
29 Agustus 2020 | Tim Media UISI

Kiat Menjadi Mahasiswa Berprestasi Versi Syarifa Nur'aini

Syarifa mengakui bahwa proses menjadi mahasiswa berprestasi bukanlah hal yang instant.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) adalah ajang tahunan yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). Ajang ini diikuti oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Tahun ini, 2020, Universitas Internasional Semen Indonesia(UISI) berhasil mengantarkan mahasiswanya menjadi salah satu finalis PILMAPRES nasional.

Syarifa Nur’aini, mahasisawa dari departmen Teknik Kimia UISI, menjadi salah satu dari 21 kandidat Mahasiswa Berprestasi (mawapres) tahun 2020. Syarifa baru membulatkan tekadnya menjadi mawapres Ketika pertengahan tahun 2019. Waktu itu setelah Syarifa berhasil menjadi salah satu delegasi pertukaran pelajar di Thailand. Seorang dosen menyemangatinya untuk meraih prestasi lagi dan Kembali mendaftar PILMAPRES walaupun di tahun sebelumnya Syarifa sempat gagal di seleksi universitas.

Menjadi mahasiswa berprestasi tidak cukup melalui penilaian akademik. Mahasiswa tersebut harus bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Menanamkan sikap cinta tanah air yang tinggi. Serta memiliki perilaku yang baik.

Syarifa mengakui bahwa proses menjadi mahasiswa berprestasi bukanlah hal yang instant. Menurutnya, tetap menjaga semangat dan konsisten melakukan hal dengan usaha terbaik adalah kuncinya.

“Hal terpenting selanjutnya adalah restu dari orang tua..itu penting banget,” pesan Syarifa untuk mahasiswa-mahasiswa yang bertekad menjadi mahasiswa berprestasi di tahun selanjutnya. Namun, Syarifa menekankan menjadi gelar berprestasi tidak penting baginya. Hal yang lebih penting adalah bagaimana proses tersebut mampu membuat ia memiliki kekuatan atau dampak untuk menginspirasi orang lain di jalan yang benar. (tsa/fns)

Artikel Terkait