Emmanuella Reika selaku Nusatalent HR Professional saat membuka materi
Emmanuella Reika selaku Nusatalent HR Professional saat membuka materi
2 Agustus 2021 | Tim Media UISI

Belajar Digital Personal Branding Gratis di ICC Workshop Career

Workshop karir hari kedua yang diadakan oleh UICC ini mengulas lebih dalam mengenai digital personal branding sebagai persiapan memasuki dunia kerja.

Gresik – Dalam menunjang persiapan karir, UICC (UISI Internship and Career Center) menyelenggarakan Workshop Karir yang dimulai tanggal 29 - 31 Juli 2021. Sesi kedua Workshop pada Jum'at (30/07) ini mengusung tema ”How to Create your Digital Personal Branding” dengan pembicara Emmanuella Reika selaku Nusatalent HR Professional. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring via zoom meetings dengan dihadiri peserta yang terdiri dari mahasiswa UISI dan umum. 

“Kenali karakter yang dimiliki, setelahnya kamu bisa menganalisa kebutuhan dan merencanakan target”, pungkas Reika mengawali materi. Dalam dunia kerja kita memerlukan media untuk menggambarkan atau menunjukkan siapa kita kepada HR perusahaan. Menyikapi hal tersebut, dapat CV digunakan untuk menjejaki dunia kerja mulai sekarang. Terdapat beberapa komponen yang harus diperhatikan ketika menyusun CV antara lain summary yang singkat dan menyeluruh, pengalaman kerja yang kredibel, deskripsi pengalaman kerja, dan skill profesional yang jelas. Selain itu penggunaan e-mail diharapkan menggunakan nama asli yang jelas dan lengkap agar memudahkan HR menghubungi pelamar.

Seiring perkembangan teknologi, tidak hanya CV konvensional yang digunakan untuk melamar pekerjaan. Sebagian besar HR mulai beralih ke CV digital berbasis aplikasi yang kita kenal dengan "LinkedIn". Aplikasi LinkedIn merupakan suatu platform dimana para job seeker bertemu dengan recruiter. Terdapat beberapa hal yang perlu disoroti dalam penggunaan LinkedIn seperti foto profil yang professional dan bukan pas foto. Hal ini menjadi penting karena foto profil kita menentukan kesan pertama recruiter, foto sebaiknya memakai pakaian formal dan tersenyum agar tidak terkesan kaku. Pada LinkedIn terdapat kolom pencapaian dan skill yang dapat diapresiasi dengan koneksi kita melalui rekomendasi.

Menghadapi dunia kerja yang semakin dekat, mahasiswa diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan aktif mengikuti organisasi maupun komunitas. Dengan riwayat pengalaman yang bagus dapat mempermudah dalam melamar pekerjaan. Selanjutnya, penggunaan sosial media seperti Instagram dan LinkedIn dipersiapkan secara profesional sebagai digital personal branding. (tan/msl)

Artikel Terkait