Webinar EM Week mengenai materi pengembangan potensi diri. Foto: tangkapan layar.
Webinar EM Week mengenai materi pengembangan potensi diri. Foto: tangkapan layar.
6 Maret 2021 | Tim Media UISI

Berhenti Insecure dan Gali Potensi Diri Sekarang

Menurut Bianglala, seorang psikolog, dalam kehidupan ini, kita sering dihadapkan pada kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan. Dibutuhkan pemahaman diri yang dewasa agar kita dapat memahami potensi kita masing-masing dan mengembangkannya.

UISI – Jumat lalu (05/03), Departemen Manajemen Rekayasa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) mengadakan Webinar Series sebagai salah satu agenda kegiatan Engineering Management Week 7. Webinar Series hari pertama ini bertemakan “Stop Comparing Yourself to Others” yang dibawakan oleh Bianglala Andriadewi, M. Psi., Psikolog. Beliau merupakan Founder sekaligus CEO Welas Asih Healing and Development Center. Kegiatan Webinar Series yang diselenggarakan online melalui platform zoom ini membahas tentang bagaimana kita mengenal potensi diri dan mengembangkannya secara maksimal.

Selama Webinar, pembicara menafsirkan pola kehidupan sehari-hari kita dari kacamata seorang Psikolog. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan bahwa secara tidak sadar kita melakukan beberapa aktivitas berdasarkan pengaruh asumsi publik atau lingkungan sekitar. Kondisi ini memicu kita untuk mengabaikan keinginan pribadi dan bisa berakibat pada terhambatnya pengembangan potensi.

“Saya lebih suka makan martabak manis yang kejunya lebih banyak daripada coklat dan tanpa kacang. Ilustrasi tersebut dapat di interpretasikan bahwa kita harus selalu jujur tentang keinginan diri kita, walaupun rumit dan tidak masuk akal, tanpa harus takut terhadap respon orang lain,” ujarnya.

Sebagai seorang manusia yang merdeka, kita bebas mengungkapkan apa yang kita inginkan atau biasa disebut dengan pengenalan diri. Proses ini berfungsi untuk menafsirkan potensi diri maupun hal-hal yang kita sukai. Dengan pengenalan diri yang tepat, kita dapat mengasah potensi atau hal yang kita suka dengan kegiatan pengembangan diri seperti organisasi atau pelatihan lainnya. (tan/rry)

Artikel Terkait