ketika para peserta mengambil dan memotret objek di Lomba Megapixel V2.0
ketika para peserta mengambil dan memotret objek di Lomba Megapixel V2.0
7 April 2018 | Tim Media UISI

Berlari Atau Memotret? Megapiksel V2.0 Hadirkan Keduanya

Megapixel V2.0 merupakan sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh departemen Desain Komunikasi Visual Universitas Internasional Semen Indonesia pada tanggal 24-25 Maret 2018

UISI - Megapixel V2.0 merupakan sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI). Bukan hanya kompetisi, terdapat suguhan lain diantaranya yaitu Talkshow dan Pameran yang dibuka untuk umum. Lomba ini diikuti oleh seluruh peserta  SMA/SMK sederajat. Megapixel V2.0 diadakan pada 24 – 25 Maret 2018 yang berlangsung di Kampus B UISI. Tahun ini lomba megapixel memiliki 2 kegiatan lomba yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu photo marathon dan video stop motion.  

Photo marathon memiliki tantangan tersendiri dimana peserta diwajibkan melakukan foto berdasarkan tema yang ditentukan (24/3). Para peserta diharuskan memotret dengan kecepatan yang  tepat dengan kualitas foto yang bagus. “Jadi kita punya 5 pos, namun tiap pos mepunyai jarak sekitar 2 meter dan untuk peserta mencapai pos selanjutnya mereka dharuskan untuk berlari atau berjalan. Misal disisi A mempunyai konsep adu panas dan lingkungan, peserta akan memotret seperti mengelap keringat, dan lain-lain.” Ungkap Ratri Retno Sari selaku pelaksana.

Berlanjut hingga tema terakhir yang berdurasi 1 hingga 2 jam, sejumlah peserta 60 pelajar yang berasal dari beberapa kota diantaranya Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, dan Blitar harus menyelesaikan sesi terakhir di rooftop kampus B UISI. Foto marathon memiliki kriteria yaitu harus pelajar SMA, diharuskan menggunakan kamera DSLR dengan lensa kit berukuran 18-55 mm dan tidak diperbolehkan lensa fix, lensa makro, maupun mikro lensa kit. “Peserta hanya akan memakai kamera dan lensanya itu saja. Kalaupun ditengah lapangan peserta menggantinya dengan lensa lain itu tidak diperbolehkan dan panitia bisa mengetahui lewat stiker yang dipasang diantara lensa dan kamera. Ketika lensa diganti stiker tersebut akan robek. Panitia bisa mendeteksi itu” Ujar ketua pelaksana melanjutkan.

Sebagai ketua pelaksana Ratri Retno Sari mahasiswa DKV angkatan 2016 mengaku bersyukur pasalnya untuk pertama kalinya DKV UISI mendapatkan sponsor “Alhamdulillah, Megapixel DKV tahun ini mendapat sponsor dari Yuzu Tea dan semoga di acara tahun depan bisa lebih baik dan konsisten” tutupnya (lkf/far)

Artikel Terkait