Henny Susilowati mengajari peserta mengambil foto makanan
Henny Susilowati mengajari peserta mengambil foto makanan
3 April 2017 | Tim Media UISI

Bermodal Kamera HP, Sulap Makanan Jadi Benda Hidup

Memperkenalkan dunia fotografi ke siswa/siswi se Jawa Timur, Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) menghadirkan workshop DIY LIGHT BOX dengan konsep “Like a Pro With Low Budget Photography”. Bertempat di Gedung Wisma Achmad Yani (15/3), para peserta

UISI, Gresik – Memperkenalkan dunia fotografi ke siswa/siswi se Jawa Timur, Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) menghadirkan workshop DIY LIGHT BOX dengan konsep  “Like a Pro With Low Budget Photography”. Bertempat di Gedung Wisma Achmad Yani (15/3), para peserta diberikan waktu 4 jam untuk menyelesaikan misi yaitu mengambil foto objek makanan, yaitu brownies dan sushi.  Meski bermodal kamera HandPhone (HP), hasil foto yang didapat diharapkan mampu memberikan daya tarik tersendiri sehingga terkesan lebih hidup dan membuat orang merasa lapar ketika melihatnya.

Dipandu langsung oleh pembicara ahli dibidang kuliner, Henny Susilowati yang akrab disapa Kenny ini memberikan beberapa tips dan trik angle yang dapat digunakan oleh peserta dalam mengambil gambar. Top view, eye view dan bottom view. “Sebenarnya pemilihan angle sendiri sesuai dengan keinginan fotografer sih, tergantung suka nya yang mana” lanjut Kenny.  

Tak sulit sebenarnya membuat makanan terlihat hidup, karna yang terpenting adalah fokus dari setiap objek tersebut. Brownies terletak pada lelehan selai cokelat dan pada variasi toppingnya. Selain itu, pengambilan gambar dengan pose tangan saat sedang mengangkat makanan terlihat lebih humanis seakan menyampaikan pesan bahwa makanan siap untuk disantap.  Tak heran jika banyak ilmu yang ditularkan oleh Kenny, mengingat pengalaman ia menjadi admin sosial media Kuliner Gresik.

Meski kegiatan foto erat dengan kehidupan setiap individu, hampir para peserta yang mengikuti acara ini merasa ingin lebih meng-upgrade kemampuan dan pengetahuan mereka akan dunia fotografi.  Ditambah lagi teknik pengambilan foto dengan bantuan box masih belum familiar dilakukan oleh para peserta. “Pertama kalinya bagi saya mengikuti lomba fotografi dengan bantuan box seperti ini” ucap Raihan siswi SMA 1 Tuban. (far/ral)

Artikel Terkait