Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch II di BUMN. Source: forumhumancapitalindonesia
Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch II di BUMN. Source: forumhumancapitalindonesia
28 Mei 2019 | Tim Media UISI

BUMN Sediakan Kesempatan Magang Bersertifikat untuk Mahasiswa UISI

UISI dan FHCI bekerja sama membuka peluang magang bersertifikat di BUMN untuk mahasiswa UISI dan Perguruan Tinggi lainnya.

Gresik-Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) bekerja sama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) untuk melaksanakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Kegiatan ini membuka peluang kesempatan bagi mahasiwa untuk magang di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hingga kini, PMMB sudah memasuki batch II semenjak peluncuran pertamanya di tahun 2018.  PMMB batch II pada tahun 2019 ini, tak tanggung-tanggung membuka kesempatan bagi 9000 mahasiswa di seluruh Indonesia.

Progam ini memberikan keuntungan besar bagi mahasiswa. Selain nantinya akan mendapatkan sertifikat kompetensi dan sertifikat industri, masih banyak manfaat yang didapatkan. Misalnya saja, mendapatkan uang saku, memiliki kesempatan pertama jika ada program perekrutan di BUMN serta merasakan atmosfer dunia kerja yang nyata selama 6 bulan.

“Mahasiwa yang berkesempatan mengikuti program magang bersertifikat memiliki nilai tambah dalam hal pengalaman. Menjadi tahu etika apa saja dalam bekerja, yang penting untuk dijadikan pedoman karena atmosfer (dunia) kerja itu lebih ekstrem dibanding saat menjadi mahasiswa. Di samping itu, juga sebagai sebuah wadah untuk show off kemampuan,” ujar Ndaru Candra Sukmana, S.Si., M.Si. selaku kepala direktorat Kemahasiswaan dan Kealumnian di UISI, ketika ditemui kemarin (27/05) oleh Tim UISI Media.

PMMB pertama kali di UISI dilakukan pada 3 Desember 2018 dan telah meloloskan 27 mahasiswa magang di 5 BUMN. BUMN yang terlibat antara lain, Bank Mandiri, Bank BTN, PT. PG Rajawali 1, PT. Semen Indonesia, PT. POS Indonesia. Pada tahun 2019 proses seleksi universitas telah ditutup pada 16 April 2019. Seleksi awal adalah seleksi berkas yang meliputi, CV, transkip nilai perkuliahan, surat pernyataan magang serta Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) dari kampus. Dari seleksi ini dihasilkan 83 mahasiswa UISI yang siap di-match-up oleh BUMN. (tsa/rry)

Artikel Terkait