Bukti mahasiswa-mahasiswi UISI yang prestatif
Bukti mahasiswa-mahasiswi UISI yang prestatif
17 Februari 2017 | Tim Media UISI

Cetak Generasi Unggul dalam Program Character Building

Mahasiswa yang berkarakter merupakan salah satu komponen penting dalam mengembangkan universitas. UISI tiada henti dalam membangun universitas melalui pembentukan karakter bagi mahasiswa UISI yang unggul, religious dan prestatif.

Gresik – Pembangunan karakter tidak kalah penting dari hanya sekedar mengembangkan Universitas. Memiliki mahasiswa yang berkarakter dan unggul menjadi impian bagi setiap instansi, begitu pula dengan tujuan pendidikan di Indonesia. Dengan mahasiswa yang berkarakter, maka akan dapat pula menunjang pengembangan universitas.

“Jika menitikberatkan pada pendidikan di kuliah, maka untuk menjadi seimbang harus diseimbangkan dengan moral”, ujar Prof. Drs. Tjiptohadi S., M.Ec., Ph.D., CPA, CA. dalam pengarahan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan kepada seluruh hadirin Grand Opening Character Building.

Mahasiswa UISI (Universitas Internaional Semen Indonesia) harus memiliki perbedaan dengan mahasiswa-mahasiswa lain pada umumnya. Mulai dari budaya yang dimiliki, cara berinteraksi dengan sesama, memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan masih banyak lagi. Untuk mewujudkan hal tersebut tidak dapat dilakukan dengan instan. Melainkan diperlukan proses pembelajaran yang bersifat kontinyu terhadap kegiatan yang mengacu pada pembentukan karakter mahasiswa.

            Dalam pembangunan karakter, mahasiswa tidak hanya dituntut pada teori yang diberikan saja, namun juga mengimplementasikannya, Keberhasilan dari pembangunan karakter dapat dinilai dari beberapa aspek, yaitu mahasiswa dapat memahami (kognitif), merasakan (afektif) dan mengimplementasikan (psikomotorik). Program Character Building di UISI rutin dilakukan setiap tahun. Beberapa ruang lingkup kegiatan dari program ini di UISI, diantaranya Religious Mentoring, International Language Skills, Scientific Skills, dan masih banyak lagi.

Tema yang diangkat dalam Character Building 2017 ini yaitu Generasi UISI, Generasi Berkarakter dan Berprestasi. Melalui program-program Character Building, kegiatan positif ini tidak hanya didukung oleh Tim Kemahasiswaan UISI saja, akan tetapi juga didukung oleh BNN, KPK, SATLANTAS POLRES Gresik dan dr. Gamal Albinsaid. Seluruh pihak yang mendukung kegiatan ini turut memotivasi dan mengarahkan mahasiswa UISIke jalur yang positif.

Rasa haru dan sulutan semangat dari Dr. Gamal Albinsaid selaku CEO Indonesia Medika dan Peraih Penghargaan Pemuda Pelopor Internasional menginspirasi seluruh mahasiswa UISI. Atas segala pengalaman yang dimilikinya serta penghargaan yang diraihnya dalam membangun Bangsa Indonesia membuat mahasiswa UISI tergugah semangatnya dalam membangun tanah air. Dr. Gamal Albinsaid mengajarkan bahwa segala sesuatu yang kita usahakan harus dilandaskan dengan niat ikhlas.

“Berpikir berbeda dan melakukan hal baru yang tidak dilakukan orang pada umumnya sehingga memiliki banyak peluang untuk melakukan kebaikan”, tutur Gamal dalam kutipan pesan inspiratif yang dipersembahkan untuk seluruh mahasiswa UISI. [han/ral]

Artikel Terkait