Peserta Training Islamic Competition saat menjalani tahap seleksi
Peserta Training Islamic Competition saat menjalani tahap seleksi
19 Mei 2019 | Tim Media UISI

Dari Gresik menuju Aceh, LDK UISI Selenggarakan Tahap Seleksi untuk Peserta TIC

LDK UISI mengadakan tahap seleksi kepada peserta Training Islamic Competition, untuk mencari finalis terbaik dan didelegasikan sebagai perwakilan UISI dalam lomba MTQ di Aceh 28 juli mendatang

UISI – Pada Sabtu (18/05) Lembaga Dakwah Kampus Universitas Internasional Semen Indonesia (LDK UISI) baru saja menyelenggarakan seleksi untuk para peserta kegiatan Training Islamic Competition (TIC) yang terdiri dari beberapa bidang lomba MTQ.

Seleksi ini dilaksanakan untuk menyeleksi dan melatih para peserta yang nantinya akan terpilih untuk mewakili UISI di tingkat daerah dan akan didelegasikan ke Aceh apabila lolos untuk mengikuti acara final yang dilaksanakan oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) pada 28 Juli 2019 - 4 Agustus 2019 mendatang. 

Dari masing-masing cabang lomba akan diambil satu peserta terbaik yang lolos dalam seleksi pertama dan kedua. Kegiatan penyeleksian akan diadakan selama dua hari yaitu pada 18 Mei 2019 - 19 Mei 2019 dengan kategori lomba yang berbeda tiap harinya.

Pada seleksi hari pertama ini, bidang lomba MTQ yang diseleksi adalah Tilawah Qur’an, Tartil Qur’an, Cerdas Cermat Islam dan Karya Tulis Ilmiah Islam. Dalam kegiatan penyeleksian ini, LDK UISI mendatangkan juri yang berasal dari kalangan dosen yang berbakat dalam bidang ini terutama MTQ dan juga para peserta MTQ yang pernah mengikuti ajang lomba MTQ sebelumnya.

Salah satu cabang lomba yang diujikan adalah Tilawah. Tilawah adalah membaca Al-Qur’an dengan menampakkan huruf-huruf serta melafadzkannya dengan hati hati. Hal ini dilakukan untuk memahami makna-makna yang terkandung dalam ayat-ayat suci tersebut.

Selain Tilawah, salah satu cabang lomba lainnya adalah Tartil Qur’an. Tartil Qur’an adalah kegiatan membaca Al-Qur'an secara perlahan dengan tajwid dan makhraj yang jelas dan benar. Selain kedua cabang lomba tersebut, pada hari pertama ini juga diadakan tahap seleksi untuk cabang lomba cerdas cermat islam dan juga karya tulis ilmiah islam. Untuk pengumuman para finalis akan di umumkan pada saat tahap penyeleksian berakhir. 

“ Harapan kami dalam setiap cabang lomba yang diujikan para peserta dapat lolos sampai tahap daerah dan semoga sampai tahap final. Untuk kedepannya semoga kegiatan perlombaan MTQ di kampus bisa lebih maju lagi dan semakin baik", ujar Ahmad F. Faroby selaku ketua dari LDK UISI. (hbb/msl)

Artikel Terkait