Tim dari SMKN 1 Bojonegoro yang berhasil raih juara 1 dan 3
Tim dari SMKN 1 Bojonegoro yang berhasil raih juara 1 dan 3
6 Maret 2019 | Tim Media UISI

Departemen Akuntansi UISI Sukseskan Y-Action 2019 dan Seminar Secara Bersamaan

Departemen Akuntansi UISI telah berhasil menyelenggarakan ajang kompetisi akuntansi berskala nasional untuk pelajar SMA/sederajat yang diikuti oleh 48 tim sekaligus seminar nasional pada Sabtu (23/02).

Gresik – Departemen Akuntansi angkatan 2017 dan 2018 telah berhasil menyelenggarakan kompetisi akuntansi berskala nasional bertajuk Y-Action pada Sabtu (23/2). Acara yang berlangsung di kampus B Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) ini adalah ajang kompetisi yang rutin diadakan setiap tahun. Tahun ini merupakan yang keempat kalinya setelah Y-Action yang pertama di tahun 2015.

Kompetisi akuntansi diikuti sebanyak 48 tim siswa SMA/sederajat dari berbagai daerah. Ada empat ronde dalam kompetisi tersebut. Ronde pertama adalah babak penyisihan. Dari 48 tim yang ada hanya diambil 20 tim yang dapat melanjutkan ke tahap semi final 1. Lalu diambil 12 tim untuk melaju ke semi final 2. Dari semi final 2, dipilih 3 tim dengan skor tertinggi untuk melaju ke babak final.

Tahap final berlangsung dengan seru karena ketiga tim saling berebut menjawab soal yang dibacakan oleh pembawa acara. Hasilnya, SMKN 1 Bojonegoro meraih juara 1 dan berhak atas piala bergilir. Rupanya, SMKN 1 Bojonegoro sudah menjadi pelanggan piala bergilir Y-Action selama tiga tahun berturut-turut. Pada posisi kedua ada perwakilan dari SMK 1 Muhammadiyah Gresik. Dan di posisi ketiga lagi-lagi ditempati oleh tim lain dari SMKN 1 Bojonegoro.

“Padahal tidak ada persiapan karena sibuk try out dan ujian lainnya,” ucap Putri Umami Qolbi perwakilan pemenang dari SMKN 1 Bojonegoro. Pernyataan Putri tersebut diiyakan oleh rekan satu sekolahnya, Faridhatul Aszizah.

Selain lomba akuntansi untuk pelajar SMA/sederajat, pada hari itu juga diselenggarakan seminar yang diikuti oleh peserta dari internal UISI serta dari eksternal UISI. Seminar tersebut mengusung tema “Strategi Akuntan Profesional Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0” dengan pembicara Bapak Abdul Ghofar, DBA., Ak., CA., CPMA selaku pengurus di Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Penyerahan cinderamata kepada bapak Abdul Ghofar, DBA., Ak., CA., CPMA  oleh Kaprodi Akuntansi UISI

 

Acara Y-Action ini semakin lengkap dengan adanya hiburan yang telah disediakan oleh panitia. Ada bazaar yang digelar oleh divisi kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Akuntansi (KWU HIMAKSI). Di sela-sela acara, panitia juga mengundang grup band kampus SIMS UISI untuk tampil membawakan beberapa lagu sembari peserta kompetisi menunggu pengumuman lolos ke babak berikutnya.

Yang membedakan Y-Action tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya ialah pada dekorasi yang mengusung tema tropis. Para peserta acara dapat menikmati suasana ala-ala negara tropis melalui bermacam dekorasi yang terpasang di penjuru gedung.

“Tema tropikal kami pilih agar lebih unik. Dekorasi juga banyak yang handmade, dibuat sendiri oleh panitia.” ucap Reza Oktafian Sahlevi selaku ketua pelaksana Y-Action 2019.

(rry/kei)

 

Artikel Terkait