Kuliah Tamu bersama Drs. Abu Hassan, S.H., M.M selaku Kepala Pelaksana BPBD di Gresik
Kuliah Tamu bersama Drs. Abu Hassan, S.H., M.M selaku Kepala Pelaksana BPBD di Gresik
16 Mei 2018 | Tim Media UISI

Diskusi Bencana Gresik bersama Kepala BPBD Kabupaten Gresik

Kuliah Tamu bertemakan “Peran BPBD dalam Antisipasi dan Penanggulangan Bencana di Gresik” dilaksanakan di Auditorium Kampus B Universitas Internasional Semen Indonesia yang dihadiri oleh mahasiswa Teknik Logistik dan Manajemen

Gresik, UISI - Kuliah Tamu dengan tema “Peran BPBD dalam Antisipasi dan Penanggulangan Bencana di Gresik” diikuti oleh mahasiswa Teknik Logistik dan Manajemen UISI. Pembicara dalam kuliah tamu ini adalah Drs. Abu Hassan, S.H., M.M Kepala Pelaksana BPBD di Gresik. Kuliah tamu ini berlangsung di ruang Auditorium kampus B UISI pada selasa (15/50).

Drs. Abu Hassan, S.H., M.M Kepala Pelaksana BPBD di Gresik mengatakan “Diskusi mengenai bencana itu tidak seksi atau tidak menarik bagi semua orang, Yang paling penting adalah kita harus dapat memahami sebuah bencana itu merupakan sebuah kebutuhan masyarakat". Kalau bencana tidak dianggap sebuah kebutuhan maka orang tidak akan mengerti sehingga orang akan gampang menerima sebuah bencana. Hanyalah orang-orang yang siap adalah mereka yang selamat, tambahnya.

Dalam kuliah tamu kali ini mahasiswa juga mempelajari logistik kemanusiaan dan logistik secara umum. Nantinya dapat digunakan untuk aplikasi saat terjadi bencana terutama bencana di Gresik. BPBD dalam menangani Kabupaten Gresik yang rawan terjadi banjir banyak sekali strategi yang dilakukan. Strategi tersebut dilakukan semata-mata untuk membantu sesama manusia yang terkena bencana. Strategi yang dilakukan seperti membangun waduk, membuat sumur bor, melakukan pipanisasi yaitu menghubungkan air dari desa yang produktif air kepada desa yang tidak ada sumber air.

“Diharapkan mahasiswa/ akademisi yang ada di UISI dapat berperan penting dalam membantu korban bencana dengan memanfaatkan ilmu yang telah dipelajari di perkuliahan.” kata Bapak Hassan saat mengisi kuliah tamu. (aar/ral)

Artikel Terkait