18 April 2019 | Tim Media UISI

Empat Perusahaan Besar Berbagi Tips Seputar Dunia Kerja di Workshop Karir 2019

Workshop Karir 2019 dengan tema "Persiapkan Karir Untuk Generasi UISI SIAP" hadirkan pemateri dari empat perusahaan BUMN dan anak usahanya

Gresik – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) bekerja sama dengan Direktorat Kemahasiswaan dan Kealumnian Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) menyelenggarakan workshop karir tahunan yang diperuntukkan bagi mahasiswa, utamanya mahasiswa tingkat akhir. Acara tersebut berlangsung selama dua hari yakni Senin (15/04) dan Selasa (16/04). Acara yang dihadiri oleh 150 peserta ini mengusung tema “Persiapkan Karir Untuk Generasi UISI SIAP (Santun, Intelektual, Ahli, dan Professional)“. Workshop tahun ini menghadirkan pemateri-pemateri dari berbagai perusahaan BUMN beserta anak usahanya. Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., PT Petrokimia Gresik, PT Sinergi Informatika Semen Indonesia, dan Bank BTN.

Dalam workshop ini, para peserta diberi bekal seputar hal-hal yang akan mereka temui ketika memasuki dunia kerja. Mulai dari bagaimana proses rekruitmen, tips dan trik survive di dunia kerja hingga cara melakukan presentasi yang baik. Di hari pertama, para peserta terlebih dahulu melaksanakan Tes Potensi Akademik (TPA). Tes ini merupakan tes dasar yang menjadi salah satu persyaratan dalam rekruitmen karyawan. Setelah melaksanakan TPA, peserta mendapatkan materi mengenai teknik dan simulasi saat melakukan wawancara kerja. Materi ini disampaikan oleh Halim Alfatah dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Setelah tips wawancara, selanjutnya para peserta disuguhkan kiat-kiat dalam melakukan Focus Group Discussion (FGD) yang disampaikan oleh Julita Fitriani S.E., IRCP dari PT Sinergi Informatika Semen Indonesia.

Pada hari kedua, ada Budiarna Nur Rohmad, S.Psi yang memberikan tips dalam pengerjaan TPA. Tidak hanya itu, peserta juga dibekali kiat kiat presentasi project yang baik, yang dipaparkan oleh Vanny Erliana Kusumawardhani dari PT Petrokimia Gresik. Untuk menjadi seorang pekerja yang profesional dan memiliki kesan yang baik, professional soft skill dan good attitude merupakan elemen wajib yang harus dimiliki oleh seorang pekerja. Untuk itulah M. Takdir Munir, pemateri dari Bank BTN membagikan rahasianya untuk bisa menjadi seorang pekerja profesional dengan karir yang baik.

Selain memperoleh materi dari para praktisi perusahaan, peserta juga berkesempatan menyimak ilmu dan wawasan baru dari salah satu alumni UISI, Rina Fridi Arilianti. Rina Fridi Arilianti merupakan alumni angkatan pertama yang saat ini sedang bekerja di PT Telkom Tbk. Ia membagikan pengalamannya selama berkuliah di UISI dan bagaimana nantinya menghadapi dunia kerja setelah lulus kuliah.

Dengan diadakannya workshop karir ini, diharapkan para mahasiswa memiliki gambaran seputar dunia kerja serta pandangan mengenai karir mereka setelah lulus dari UISI sehingga mereka akan siap bersaing dan menghadapi dunia kerja.

“Dengan adanya workshop karir ini, kami harapkan dapat menghasilkan lulusan UISI yang sopan, intelektual, ahli, dan professional. Yang benar-benar siap terjun di dunia kerja.“ ujar Triadi, selaku ketua pelaksana workshop tahun ini. (frd/kei)

Artikel Terkait