18 April 2020 | Tim Media UISI

Tips Sederhana dalam Pencegahan COVID-19

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa virus corona yang tengah merebak saat ini bisa dikategorikan sebagai pandemi global. Menerapkan tindakan pencegahan perlu dilakukan semaksimal mungkin agar dapat terhindar dari virus corona.

Virus Corona atau yang biasa disebut COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan dan merupakan penyakit menula , pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa virus corona yang tengah merebak saat ini bisa dikategorikan sebagai pandemi global. Peningkatan kasus COVID-19 masih berlangsung di berbagai penjuru dunia. Hingga kini virus ini telah menyerang kurang lebih 185 negara. Perkembangan virus ini dalam menginfeksi manusia juga kian meningkat setiap harinya, korban yang meninggal akibat virus pun tidak sedikit. Hal ini yang membuat corona menjadi momok bagi masyarakat. Dengan ukuran yang tak kasat mata dan penularannya yang begitu cepat, virus ini sulit dihindari. 

Menerapkan tindakan pencegahan perlu dilakukan semaksimal mungkin agar dapat terhindar dari virus corona. Nah, tips apa sih yang bisa dilakukan untuk mencegah virus corona Covid-19?

Agar tidak semakin meluas, tips yang harus dilakukan agar masyarakat terhindar dari virus corona sebagai berikut.

  1. Rajin untuk mencuci tangan dengan air yang mengalir dengan sabun
  2. Hindari kontak secara dekat dengan orang yang sedang sakit
  3. Hindari untuk melakukan perjalanan wisata
  4. Beri jarak jika virus corona telah menyebar dikomunitas anda
  5. Jaga jarak sosial, hal ini sebenarnya juga telah disuarakan oleh pemerintah agar masyarakat jaga jarak fisik atau  physical distancing, gunakan masker ketika keluar rumah, hindari menyentuh mata, hidung dan mulut
  6. Pembatasan aktivitas diluar rumah dan menghindari kerumunan adalah hal yang harus dilakukan
  7. Tetap ikuti informasi tentang perkembangan terbaru tentang COVID-19
  8. Olahraga teratur dan makan makanan yang sehat
  9. Selalu menjaga kebersihan

Lewat akun instagram pribadinya, Presiden Joko Widodo mengimbau kepada masyarakat untuk tidak takut dengan wabah COVID-19. Beliau meminta masyarakat Indonesia bersama - sama menjaga solidaritas dan gotong royong untuk mencegah penularan virus corona. Selain itu, untuk memutus penyebaran Covid-19 di Indonesia, masyarakat juga dihimbau untuk tetap di rumah atau stay at home. (and/msl)

Artikel Terkait