7 November 2018 | Tim Media UISI

Foodbank Vol. 3 Kembali Hadir Dengan Tema "UTUSAN"

Bertemakan "UTUSAN", Foodbank Vol. 3 menargetkan donasi untuk anak - anak di acara puncaknya

Gresik – Departemen Manajemen Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) telah mengadakan acara puncak dari Foodbank Vol. 3 pada Sabtu (13/10) lalu. Foodbank merupakan kegiatan sosial yang terbentuk dari salah satu mata kuliah PBS (Proyek Bisnis Sosial). Pada mata kuliah ini, setiap kelompok diajarkan untuk berbisnis dan diberi target keuntungan untuk dipenuhi. Sebagian hasil penjualan tersebut nantinya akan didonasikan dalam bentuk sembako kepada orang-orang yang membutuhkan.

Acara Foodbank Vol. 3 ini dimulai sejak bulan Maret hingga September. Donasi dibagikan di kecamatan–kemacatan yang tersebar di kabupaten Gresik, Lamongan dan Tuban. Dengan penerima yang tepat sasaran karena para tim Foodbank telah melakukan riset sebelum acara pembagian donasi.

Yang membedakan Foodbank Vol. 3 dengan tahun sebelumnya yaitu di tahun ini para panitia Foodbank mengadakan program “Free Food dan Free Water”. Program Free Food disediakan tiap akhir bulan sementara program Free Water disediakan setiap hari Senin. Target dari program ini ialah mahasiswa kos atau mahasiswa perantauan agar lebih terbantu saat kekurangan uang. “Nantinya free food dan free water ini akan berkelanjutan karena respon yang bagus dari mahasiswa dan mereka mendukung sekali untuk kegiatan ini”, ucap Achmad Ghulam Mirbath selaku ketua pelaksana Foodbank Vol. 3.

Seluruh rangkaian acara Foodbank Vol. 3 ini ditutup dengan acara puncak yang diadakan pada bulan Oktober. Mengusung tema UTUSAN (Uluran Tangan Untuk Senyum Anak), Foodbank kali ini menargetkan anak–anak untuk diberi donasi pada acara puncak. Adapun anak–anak yang menerima donasi ini berasal dari beberapa desa di kecamatan Kebomas seperti desa Gending, Segoromadu, Gulumantung, Singosari dan ada juga yang berasal dari Pondok Nurul ‘Ulum. Mereka semua diundang untuk diberi hiburan berupa pertunjukan badut, area bermain serta donasi untuk masing–masing anak.

Pada acara puncak Foodbank Vol. 3 ini juga dimeriahkan dengan adanya photobooth, stan bazar serta bintang tamu dari dalam dan luar UISI. Dibawakan oleh MC “Duo Gambreng”, acara puncak Foodbank Vol. 3 berlangsung meriah dan mendapat respon positif dari pengunjung. Tidak lupa juga pada malam acara puncak ini tim Foodbank membuka kotak donasi untuk disalurkan ke Palu dan Donggala yang baru saja terkena bencana.

“Harapan untuk kedepannya sih dapat memperbanyak kegiatan–kegiatan sosial pada acara Foodbank agar dapat lebih dikenal masyarakat luas. Sedangkan untuk rencana kedepannya adalah selain melakukan kerja sama dengan perusahaan yang mau mensponsori untuk acara donasi di setiap bulannya, kami juga berencana untuk membuat progam desa binaan”, ucap Ghulam. (msl/kei)

Artikel Terkait