Prof. Dr. Andreas Lako,. SE., MSI dan Her Arsa Pambudi SE., MMT didampingi salah satu dosen UISI
Prof. Dr. Andreas Lako,. SE., MSI dan Her Arsa Pambudi SE., MMT didampingi salah satu dosen UISI
19 September 2018 | Tim Media UISI

Gelar Seminar Nasional, HIMAKSI Persiapkan Akuntan Muda Menuju Revolusi Industri 4.0

Menuju era industri 4.0, para calon akuntan harus sadar peran dan kebutuhan pada waktu tersebut. Himpunan Mahasiswa Akuntansi UISI (HIMAKSI) menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Tantangan Dan Peluang Akuntan Dalam Revolusi Industri 4.0”.

Gresik – Himpunan Mahasiswa Akuntansi UISI (HIMAKSI) berhasil menyelenggarakan seminar nasional perdananya dengan tema “Tantangan dan Peluang Akuntan dalam Revolusi Industri 4.0”.  Seminar ini bertujuan untuk membuka pikiran para calon akuntan agar menyadari adanya tuntutan dan peluang yang bisa diciptakan pada revolusi industri 4.0 mendatang. “Revolusi industri 4.0 merupakan konsep yang lebih baru dan luas setelah Green Accounting, maka dari itu diadakan seminar ini  untuk merealisasikan program tahunan dari HIMAKSI. Seminar ini sekaligus dijadikan sebagai momen untuk memperkenalkan kepada para mahasiswa akuntansi tentang persiapan menuju revolusi industri 4.0,” ujar Mardhidaniah selaku Ketua Pelaksana.

Green Accounting (akuntansi hijau) adalah upaya menggabungkan biaya lingkungan ke dalam biaya sebuah bisnis. Sedangkan, revolusi industri 4.0 adalah sistem cerdas yang memunculkan pengalihan pekerjaan yang biasa dilakukan manusia oleh teknologi yang berkembang secara pesat. Guru besar akuntansi, Prof. Dr. Andreas Lako SE.,MSI mengungkapkan bahwa revolusi industri 4.0  membawa banyak dampak positif pada akuntansi dan profesi akuntan, salah satunya yakni profesi akuntan akan semakin relevan dan berkembang pesat. Untuk itu seorang akuntan harus dituntut untuk memiliki kualitas dan profesionalisme yang baik, ditunjukkan dengan kemampuannya dalam beradaptasi dengan cepat, proaktif dan terlatih.

Her Arsa Pambudi SE., MMT , pengamat perkembangan akuntan menambahkan tentang spesialisasi akuntan di era industry 4.0 , yakni lebih mengarah pada strategi financial serta menganalisa data keuangan. Intinya adalah akuntan pada masa mendatang berfungsi sebagai pembuat keputusan (decission maker) karena pelaporan dan pembuatan data akan secara otomatis dikerjakan oleh sistem tercanggih bahkan robot.[rry/emb]

Artikel Terkait