Ekspresi Dosen dan Mahasiswa Informatika UISI sedang melakukan Penelitian Riset di Teluk Lamong
Ekspresi Dosen dan Mahasiswa Informatika UISI sedang melakukan Penelitian Riset di Teluk Lamong
18 Januari 2018 | Tim Media UISI

UISI Libatkan Kerjasama Penelitian Riset di Pelabuhan Teluk Lamong

Sejak Awal Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) didirikan , UISI telah melakukan banyak MoU sejak tahun 2015. Salah satunya adalah Bekerjasama Riset dengan Pelabuhan Teluk Lamong.

Surabaya - Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) telah kerjasama Penelitian dengan Pelabuhan Teluk Lamong sejak tahun 2015 Lalu. Setiap tahunnya mahasiswa program studi Informatika melakukan Kuliah Lapangan di Pelabuhan Teluk Lamong guna membahas penelitian Riset. Dalam Kuliah Lapangan tersebut mahasiswa berkesempatan untuk saling berdiskusi langsung dengan pihak dari Pelabuhan Teluk Lamong.

masalah masalah yang terdapat di Pelabuahan teluk lamong diutaran kepada mahasiswa dan didiskusikan bersama. Permasalahan yang dialami Pelabuhan Teluk Lamong saat ini ialah cara untuk mendeteksi truk container yang rusak. Apabila ada Truk Container yang rusak, hal tersebut dapat membuat Pelabuhan Teluk Lamong mengalami kerugian yang besar hingga mencapai miliyaran rupiah.

Ruktin Handayani selaku Kaprodi dari Informatika mengatakan “Pihak dari ICT Pelabuhan Teluk Lamong tersebut bertanya ke pihak UISI ada tidaknya topik yang membahas tentang riset, kebetulan dari Prodi Informatika juga memang sedang mencari topik riset yang tepat, akhirnya Prodi Informatika dapat melakukan riset di Pelabuhan Lamong dan melakukan MOU dengan pihak pebuhan Teluk Lamong itu penelitiannya Riset yang seperti gimana” Ujar Ruktin Handayani.


Riset tersebut telah berjalan lama yakni sejak Tahun 2015 dan telah membuat Proposal dari Penelitian, hingga saat ini Riset tersebut masih berjalan. Alat yang digunakan untuk melakukan Riset di Pelabuhan Teluk Lamong yakni alat yang dipakai untuk mendeteksi kerusakan pada Truk Container disana adalah semacam kamera serta alat yang bernama Lidar. Dosen Prodi Informatika yang terlibat di dalam Riset tersebut yakni Doni Setio Pambudi,S.Kom.,M.Kom , Lailatul Hidayah, S.Kom.,M.S. , Dan Ruktin Handayani,S.Kom.,M.Kom. serta di dalam Riset tersebut ada pula mahasiswa Informatika yang terlibat di dalam Riset tersebut, yakni ada Putu Alicia Sarah Sativa Tanaya, Husein Abdillah, Wavianur Putri , Dan Muhimatul Aliyah. (mbn/ral)

Artikel Terkait