1 Desember 2023 | Tim Media UISI

TIM Pandover UISI Lolos 5 besar Finalis Lomba KLHK

Mahasiswa UISI berhasil lolos 5 besar KLHK

UISI - Pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023, United Nations Environment Programme masih mengangkat semangat Restorasi Ekosistem yang sejalan dengan dekade restorasi lingkungan tahun 2020 – 2030 sebagaimana telah ditetapkan dalam Sidang Umum PBB yang menyelenggarakan Lomba Konsep Pemulihan Lingkungan (LKP Tahun 2023) dengan mengusung tema “Aksi Kolaborasi Generasi Muda Untuk Lingkungan yang Baik dan Sehat”. Lomba Konsep Pemulihan Lingkungan diselenggarakan untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda melalui penyampaian ide dan gagasan pemulihan lingkungan di sekitar tempat tinggalnya dan pelibatan aktif dalam memecahkan masalah pencemaran dan kerusakan lingkungan.

“Proses seleksi pertama pada tahap pertama kami  mengumpulkan desain awal, selanjutnya terdapat pelaksanaan bootcamp, materi pada acara bootcamp itu seputar lomba seperti pengelolaan lingkungan, limbah, ipal, sampai desain arsitektur juga. Setelah bootcamp selesai diumumkan 5 besar finalis, dan aku nggak expect bisa lolos 5 besar soalnya lawannya UI, UGM, UI, UB, UNAIR dan ptn ptn keren lainnya.” Ucap Tim Pandover.

Setelah diumumkan 5 besar Tim berangkat ke Jakarta untuk merebutkan juara 1. Pengalaman yang sangat luar biasa dirasakan oleh Tim Pandover dengan mengikuti serangkaian acara Festival Like seperti seminar dengan narasumber Kementerian beserta jajarannya, Guru-guru besar PTN dan juga Pameran dari perusahan besar. 


Tujuan dari Lomba ini merupakan pelibatan dan menciptakan influence experience bagi generasi muda untuk terlibat langsung dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup sejak awal sekaligus menjawab kondisi faktual dan tantangan pemulihan lingkungan hidup di Indonesia, menjaring inovasi generasi muda terhadap konsep inventarisasi/identifikasi pencemaran dan kerusakan lingkungan untuk upaya pemulihan lingkungan tepat guna yang mengutamakan konsep keberlanjutan pelestarian lingkungan dan manfaat bagi masyarakat serta dapat memberikan nilai tambah bagi kedua kategori lomba dan menambah wawasan dan pengalaman belajar secara praktis generasi muda melalui kegiatan bootcamp yang diisi oleh pakar. (may)

Artikel Terkait