Kebersamaan peserta GLU Study Tour Malaysia bersama mahasiswa UISI
Kebersamaan peserta GLU Study Tour Malaysia bersama mahasiswa UISI
29 September 2019 | Tim Media UISI

"Government Linked University" Diskusi Asyik Saat Study Tour Visit ke UISI

Diskusi antar mahasiswa mengenai topik terkini Indonesia menjadi salah satu rangkaian acara pada Government Linked University Study Tour Visit to UISI

Gresik - Kemarin (27/09), Government Linked University (GLU) melakukan study tour visit ke Universitas Intenasional Semen Indonesia (UISI). GLU sendiri merupakan gabungan universitas-universits korporasi yang ada di Malaysia. Peserta-peserta yang tergabung berasal dari bermacam-macam universitas. Antara lain Multimedia University (MMU), University of Tenaga Nasional (UNITEN), University of Teknologi Petronas (UTP), dan University of Kuala Lumpur (UNIKL).

Acara GLU berlangsung selama 2 hari, terhitung 26-27 September 2019. Sebelumnya (26/09), para peserta melakukan kunjungan ke Pabrik Semen Indonesia yang berada di Kabupaten Tuban.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Prof. Tjiptohadi Sawarjuwono, M.Ec., Ph.D., CPA., CA. selaku Wakil Rektor UISI. Acara selanjutnya adalah diskusi bersama peserta dengan mahasiswa UISI. Topik yang dibahas pun luas. Mulai dari diskusi mengenai Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Indonesia maupun Malaysia hingga cerita tentang kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia yang berdampak ke Malaysia.

“Kebakaran di Kalimantan membawa asapnya itu mostly ke Malaysia. It’s getting better today but it was worst during last week,” ujar Maryam 'Iffah binti Abd Hamid. Dia merupakan mahasiswi dari UTP meceritakan kondisi efek kebakaran hutan di Kalimantan untuk tempat tinggalnya.


Sebelum melakukan kunjungan ke UISI, GLU study tour telah mengunjungi beberapa perguruan tinggi yang tergabung dalam Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama antara universitas korporasi di Indonesia dan Malaysia. “Harapan selanjutnya UISI bisa mengadakan summer camp antar APERTI BUMN dan GLU,” ujar Syarifa Nur selaku panitia pada GLU Study Tour di UISI. (tsa/uda)

Artikel Terkait