Yohanes sedang mengendalikan hexacopter
Yohanes sedang mengendalikan hexacopter
1 Maret 2018 | Tim Media UISI

Hexacopter Alat Masa Depan untuk Membantu Penyebaran Benih

Penelitian dosen UISI tentang drone untuk membantu mempermudah petani untuk menanam benih

Di era teknologi yang semakin maju dan berkembang pesat ini, Drone tak lagi hanya sebagai alat fotografi namun juga dapat dijadikan sebagai alat yang lain. Drone sendiri merupakan alat yang sangat populer digunakan sebagai robot untuk berbagai macam fungsi . Drone termasuk salah satu teknologi canggih berupa kendaraan udara. Berbentuk menyerupai pesawat terbang atau juga helikopter yang dapat di operasikan tanpa dikendarai oleh awak atau pilot. Jika pesawat terbang di kendarai oleh pilot yang berada di dalam kabin maka drone ini memiliki pilot yang tetap tinggal di daratan dan hanya memanfaatkan fasilitas seperti remote control untuk dapat mengontrol terbang drone di udara.

Menanam dengan metode konvensional sudah menjadi hal lumrah untuk dijalankan. Di Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) melalui penelitian, kini telah mengembangkan teknik baru yang unik dan inovatif berbasis teknologi. Bapak Yohanes Indra Rizkajaya, Doni Setio Pambudi, Yupit Sudianto merupakan Dosen Informatika dan Sistem Informasi UISI yang telah membuat dan melakukan penelitian ini. Penelitian ini memanfaatkan rakitan Drone yang telah dihibahkan oleh PT Semen Indonesia kepada UISI

"Diberi nama Drone Hexacopter (Drone menanam) alat ini di ciptakan untuk membantu mengembangkan Teknologi di sektor pertanian,"papar Yohanes. Tujuannya untuk mempermudah para petani menyebar benih di atas bedengan atau gundukan tanah di lahan pertanian. Penelitian yang telah dan terus dikembangkan ini sangatlah unik, karena menanam atau menebar benih melalui udara sangatlah memungkinkan. Saat ini penelitian sudah masuk dalam tahap pengukuran jarak terbang dengan tanah, agar dapat menaruh benih dengan tepat. Adanya penelitian ini di harapkan pengembangan Teknologi di sektor pertanian kian maju dan kedepannya dapat mempermudah para petani dalam proses penyebaran benih. (tia/ral/*)

Artikel Terkait