15 Desember 2022 | Tim Media UISI

HIMATRIAN UISI menutup kegiatan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) di Desa Balikterus, Pulau Bawean

Tim PPK HIMATRIAN bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten melalui BAPPEDA, DISKOPERINDAG dan DISPENDIK serta Pemerintah Kecamatan Sankapura, Pemerintah Desa Balikterus, BKSDA Jatim, dan Kelompok Tani Hutan Mustika Aren

HIMATRIAN UISI merupakan perwakilan Organisasi Mahasiswa UISI yang lolos pendanaan kegiatan PPK Ormawa sebanyak tiga kali berturut-turut. Pada tahun ke-3 pendanaan ini HIMATRIAN UISI melaksanakan kegiatan PPK di Desa Balikterus, Dusun Balikbagihilir, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik.

Desa Balikterus memiliki potensi komoditas aren dengan produk olahan berupa gula aren. Desa Balikterus menjadi produsen gula aren terbesar di Kecamatan Sangkapura. Disamping terdapatnya banyak lokasi wisata yang dapat berfungsi sebagai potensi pasar bagi pemasaran produk yang dikembangkan oleh masyarakat.

(HIMATRIAN-UISI) menutup kegiatan

Tim PPK HIMATRIAN bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten melalui BAPPEDA, DISKOPERINDAG dan DISPENDIK serta Pemerintah Kecamatan Sankapura, Pemerintah Desa Balikterus, BKSDA Jatim, dan Kelompok Tani Hutan Mustika Aren dalam melaksanakan program yang disusun. Dalam melaksanakan program yang telah direncanakan, tim menggunakan metode sosialisasi, workshop, bimbingan teknis, serta praktik langsung bersama masyarakat agar program dapat dipahami dan diadaptasi dengan baik oleh mitra sasaran.

Camat Sangkapura serta Kepala desa setempat mengungkapkan bahwa kehadiran Tim PPK ORMAWA HIMATRIAN UISI sangat membantu dalam membangun dan memajukan perekonomian Desa Balikterus khusunya Dusun Balikbagihilir dari sebelumnya. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Semoga tujuan yang ingin dicapai oleh tim dapat terlaksana” Ujar Muhammad Syamsul Arifin, S.Sos., M.M. selaku Camat Sangkapura.

“Pencapaian hasil kegiatan yang telah dilaksanakan, sudah kami audiensikan kepada Kecamatan Sangkapura serta pemerintah Desa Balikterus” ujar Sazkia Indramawarni selaku Ketua Tim.

Dengan pelaksanaan kerja tim dan sinergi kelembagaan, Tim PPK HIMATRIAN dapat mencapai beberapa luaran kegiatan, meliputi:

  1. Standarisasi proses produksi dan kualitas produk
  2. Pengembangan pengemasan dan labeling serta diversifikasi produk olahan gula aren
  3. Terbentuknya organisasi bisnis yang berupa Kelompok Tani Hutan
  4. Terbentuknya dokumen legal berupa nomor NIB, PIRT, sertifikasi halal, dan legalitas merk dagang.
  5. Perluasan akses pasar produk melalui bisnis Hotel, Restoran, Kafe (HOREKA) serta media pemasaran online (marketplace)
  6. Peningkatan keahlian dan pengetahuan masyarakat dan mitra sasaran

Selaku dosen pembimbing, Bapak Azmi Alvian Gabriel, S.TP., M.P., MPM., MQM., menyampaikan bahwa meskipun secara administratif program PPK HIMATRIAN telah selesai dilaksanakan di Desa Balikterus, namun proses pengabdia masyarakat mahasiswa bersama sivitas UISI akan tetap berlanjut. “kita sivitas akademik memiliki tanggung jawab moral kepada masyarakat untuk menyampaikan ilmu pengetahuan yang dimiliki, sehingga pengabdian itu tidak mengenal kata usai”, tuturnya.

(HIMATRIAN-UISI) menutup kegiatan 1

Tidak hanya sampai disana, terdapat rencana keberlanjutan program yang akan dilaksanakan kemudian, diantaranya: Produksi massal, Distribusi produk, penguatan manajemen kelembagaan bisnis serta program-program lain yang dapat mendukung kekuatan ekonomi masyarakat berbasis kearifan lokal. Selain itu, Desa Balikterus direncanakan akan menjadi desa binaan Universitas Internasional Semen Indonesia khususnya prodi Teknologi Industri Pertanian.

Artikel Terkait