Serentak angkat tangan, mahasiswa baru tunjukkan kesiapan memulai karir sejak awal
Serentak angkat tangan, mahasiswa baru tunjukkan kesiapan memulai karir sejak awal
5 September 2019 | Tim Media UISI

Himbau Mahasiswa Baru Kembangkan Karir Sejak Semester Awal

Direktorat Kemahasiswaan dan Kealumnian UISI melakukan sosialisasi pengembangan karir dan tata kehidupan kampus kepada mahasiswa baru angkatan 2019 sebagai bagian dari rangkaian orientasi pengenalan kehidupan kampus

Gresik - Kamis (5/9), Direktorat Kemahasiswaan dan Kealumnian (DIRMAWA) Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) lakukan sosialisasi pengembangan karir dan tata kehidupan kampus kepada mahasiswa baru angkatan 2019. Kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari rangkaian orientasi pengenalan kampus di UISI. Acara yang dilangsungkan di Aula Kampus B dibuka oleh Ndaru Candra Sukmana, S.Si., M.Si. selaku kepala DIRMAWA.

Diawali dengan pemutaran sebuah video, Ndaru memunculkan rasa penasaran para mahasiswa baru. Video tersebut membahas fenomena alih fungsi robot terhadap pekerjaan manusia. Dari video tersebut ia menunjukkan bahwa sesuai perkembangan zaman, karir manusia pun juga mengalami perkembangan. Maka seorang mahasiswa harus mulai memikirkan masa depan karirnya sebelum menyesal. Penyesalan oleh mahasiswa kebanyakan adalah tidak belajar dengan sungguh-sungguh selama perkuliahan dan tidak menyiapkan karir sejak semester awal. Ndaru mengungkapkan bahwa fenomena yang saat ini terjadi ialah mahasiswa kesuliitan menemukan pekerjaan setelah lulus.

Dalam kegiatan tersebut, Ndaru mencontohkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebagai syarat penerimaan kerja. Selain itu juga diperlukan sertifikat sebagai penunjang. Sertifikat digunakan sebagai penggambaran seberapa besar pengalaman dan kemampuan yang dimiliki pelamar kerja. "Yang paling penting bukan sertifikatnya tapi pengalamannya. Sertifikat tanpa pengalaman ya sama saja," imbuhnya menegaskan pentingnya pengalaman untuk karir.

Tidak hanya memberi wawasan tentang karir, beberapa kiat juga dibagikan Ndaru untuk mahasiswa baru menjalani kehidupan perkuliahan. Diantaranya, pertahankan sifat pantang menyerah dan tidak takut gagal, berusaha disiplin, perluas jaringan dan perbanyak pengalaman. Ia kemudian menambahkan dengan mengutip kalimat dari Imam Asy-Syafi’I “Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar, maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan.”

Selain memberikan para mahasiswa wawasan karir, acara hari itu juga diisi oleh pemaparan tata kehidupan kampus oleh Husnunnida Maharani, S.E., M.S.A. Tata kehidupan kampus meliputi tata kehidupan di kampus sebagai pribadi, kewajiban sebagai warga kampus, hak sebagai warga kampus serta tata tertib kehidupan kampus. Sosialisasi ditutup dengan satu topik lagi yang dijelaskan oleh Asdi Prasetyo, S.Si. Ia menjelaskan mengenai layanan kemahasiswaan yang disediakan oleh DIRMAWA UISI sehingga nantinya mahasiswa baru tidak mengalami kebingungan dalam mengembangkan kemampuan yang dimiliki selama di UISI. (tsa/kei)

Artikel Terkait