Webinar Kesehatan oleh panitia KKN UISI bekerjasama dengan Rumah Sakit Semen Gresik
Webinar Kesehatan oleh panitia KKN UISI bekerjasama dengan Rumah Sakit Semen Gresik
2 Oktober 2020 | Tim Media UISI

Imun dan Imun Dalam Menghadapi Covid-19, KKN UISI Gelar Webinar Kesehatan Bersama Rumah Sakit Semen Gresik

Kegiatan yang diikuti hampir 200 peserta melalui platform Google Meet dan sekitar 150-an pemirsa di live YouTube, dinilai positif oleh para peserta. Perwakilan BAPEDDA Gresik, BAPEDAA Lamongan, perangkat desa, bidan, masyarakat umum dan juga mahasiswa KKN

Semangat mengabdi dan berinovasi di masa pandemic, tidak hanya menjadi semangat mahasiswa KKN UISI, tetapi juga panitia KKN UISI.

Selasa, 22 Septemebr 2020 pukul 09.00-11.30 WIB telah dilaksanakan Webinar Kesehatan oleh panitia KKN UISI bekerjasama dengan Rumah Sakit Semen Gresik dengan judul Imun dan Imun Dalam Menghadapi Covid-19. Berlaku sebagai narasumber yaitu dr Tolib Bahasuan dari Rumah Sakit Semen Gresik memberikan paparan menarik terkait berbagai hal seputar Covid 19, upaya penanganan dan pencegahan dan juga tanya jawab seputar mitos dan fakta Covid. Permasalahan psikologis yang menimpa masyarakat yang terdampak, seperti pada pasien OTG, PDP juga menjadi bahasan yang menarik. Selain kepedulian dan ketaan terkait protocol Covid seperti mencuci tangan, menggunakan masker, jaga jarak, perlindungan dan juga toleransi terhadap pasien Covid juga harsu dilakukan.

Pola hidup sehat seperti berolahrga, makan makanan bergizi, dan juga menjadi hal yang harus dilakukan. Secara singkat dokter Tolib memberikan pesan IMAN dalam menghadapi Covid-19, yaitu:
I: ikhlas, sabar dan optimis
M: masker kunci utama
A: amankan lingkungan dengan penerapan protocol kesehatan
N: new normal lebih waspada

Kegiatan yang diikuti hampir 200 peserta melalui platform Google Meet dan sekitar 150-an pemirsa di live YouTube, dinilai positif oleh para peserta. Perwakilan BAPEDDA Gresik, BAPEDAA Lamongan, perangkat desa, bidan, masyarakat umum dan juga mahasiswa KKN hadir dalam kegiatan ini. Tercatat kehadiran Kepala Kelurahan Tonas Provinsi Sulawesi Selatan, bapak Yusul Faisal, S.Sos , pak Deden Setiawan selaku Kasie Pem. Bandung dan beberapa warga di Bandung, juga dari beberpaa instansi kesehatan lain seperti Ibu Mayang charunia sarifin - FO (RS wates husada). Adanya 3 pemenang give away pulsa dan 20 paket kopi dari Kopikita (Agrobisnis milik Pak Anni Rahmat, Dosen UISI) juga semakin membuat semarak webinar.

Puluhan pertanyaan terkait Covid dijawab dengan detil dan sabar oleh dokter Tolib. Salah satu pertanyaan menarik dari Raudhatul Munawwaah yang menanyakan terkait kalung kayuputih. Poin penting yang ditekankan adalah Covid ini juga sebenarnya adalah penyakit psikis yang sangat berhubungan erat dengan pikiran. Berbagai produk dengan klaim kesehatan seperti halnya kayu putih, madu, ataupun jamu-jamuan lain dapat juag memberikan dampak positif pada pencegahan covid. Hal ini dihubungkan dengan tingkat keyakinan yang kuat akan perasaan terhindar dari covid atau sehat, sehingga lebih lanjut juga dapat meningkatkan sistem imun.

Permasalahan masker scuba, protocol kesehatan untuk anak-anak, stigma keluarga penderita covid, vaksin covid dan lain-lain banyak dibahas. Di akhir sesi, terpilih 3 penanya terbaik yaitu Rudi Mahasiswa UISI, pak Bagus staff UISI sera pak Sahla dari Universitas Telkim Bandung yang akan mendapatkan give away dari panitia. Lebih lanjut bisa dilihat di akun YouTube Kemahasiswaan UISI di alamat https://www.youtube.com/watch?v=mZCyPQUlUOo

Panitia berharap, adanya webinar ini menjadi salah satu upaya pengabdian UISI dalam memerangi COVID-19 yang sudah hampir tujuh bulan menyerang bumi Indonesia.

Salam sehat, salam semangat
UISI mengabdi, masyarkat Indonesia sehat berseri.

Artikel Terkait