Syelma Sumanto, Most Advisor Mandiri Sekuritas, menjelaskan dasar-dasar Fundamental analysis saham.
Syelma Sumanto, Most Advisor Mandiri Sekuritas, menjelaskan dasar-dasar Fundamental analysis saham.
22 Januari 2021 | Tim Media UISI

Investment Talk With Mandiri Sekuritas 2: Basic Fundamental Analysis

Fundamental Analysis, strategi analisa berinvestasi saham yang bagus digunakan untuk jangka panjang dengan pendekatan Top-Down Approach dan Bottom-Up Approach.

UISI – Galeri Bursa Efek Indonesia Universitas Internasional Semen Indonesia (GIBEI UISI) sukses melanjutkan acara kedua Invesment talk with mandiri sekuritas untuk semua Mahasiswa UISI pada Kamis (21/01). Kegiatan Invesment talk tersebut diselenggarakan secara online melalui apps ZOOM dengan menghadirkan Syelma Sumanto, Most Advisor Mandiri Sekuritas. Dalam sesi kedua ini, membahas metode investasi saham yakni basic fundamental analysis saham di aplikasi Mandiri Sekuritas Online Securities Trading (MOST).

Fundamental analysis menurut Syelma adalah sebuah analisa saham dengan melihat dan mempelajari kondisi perusahaan, baik dibidang makro & mikro ekonomi, laporan keuangan perusahaan, maupun kinerja saham, serta umumnya baik digunakan dalam berinvestasi saham jangka panjang. Kemudian dalam materinya, Syelma menjelaskan bahwa ada 2 teknik dalam fundamental analysis, diantaranya Top-Down Approach dan Bottom-Up Approach, yang intinya sama, namun berbeda urutannya. Dimana Top-Down Approach lebih melihat kepada keadaan makro ekonomi seperti ekonomi global, kemudian menurun kepada industri dalam negeri dan lanjut hingga kondisi perusahaan. Sedangkan Bottom-Up Approach, analisanya  terbalik, yakni mengarah dari bawah ke atas.

“Keduanya merupakan teknik fundamental yang intinya sama, sama-sama baik, tergantung dari tipe orang tersebut dalam menganalisanya,” jelas Syelma. Syelma juga mengajak kepada para mahasiswa untuk bisa memanajemen saham dengan baik, misalnya dengan membaginya dalam beberapa sektor bidang saham dan dapat melalui aplikasi MOST. Selain itu, Syelma juga menyampaikan informasi kepada para mahasiswa yang ingin mendaftar MOST atau mengenal lebih jauh dunia saham, dapat melalui Galeri Bursa Efek Indonesia Universitas Internasional Semen Indonesia (GIBEI UISI). (muh/rry)

Artikel Terkait