Sosialisasi KP, LKTI, SE, Skripsi, PDP dan Sharing Exchange kepada KM Teknik Kimia UISI
Sosialisasi KP, LKTI, SE, Skripsi, PDP dan Sharing Exchange kepada KM Teknik Kimia UISI
4 April 2019 | Tim Media UISI

Sosialisasi KP, LKTI, SE, Skripsi, PDP dan Sharing Exchange

Sosialisasi KP, LKTI, SE, Skripsi, PDP dan Sharing Exchange yang diberikan oleh Dosen Teknik Kimia UISI dan Mahasiswa Teknik Kimia tingkat atas sebagai pembekalan Mahasiswa menengah dan baru.

UISI- Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Internasional Semen Indonesia (HIMATEKK UISI) sukses menyelenggarakan acara sosialisasi Kerja Praktek (KP), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Studi Ekskursi (SE), Skripsi, Pra Desain Pabrik (PDP), dan Sharing Exchange. Tujuan diselenggarakannya untuk membekali mahasiswa mengenai agenda selama perkuliahan dan tugas akhir. Selain itu, mahasiswa mampu mengembangkan ide-ide yang mereka miliki. Dan dapat dituangkan dalam tulisan ilmiah. Sehingga prestasi  dan potensi mahasiswa UISI tidak diragukan lagi. 

Sosialisasi tersebut berlangsung di Auditorium Kampus B UISI hari Kamis (04/04). Pengenalan tersebut dihadiri oleh beberapa jajaran dosen dan mahasiswa Teknik Kimia UISI. 

“Melalui karya tulis ilmiah ini dapat mengajarkan mahasiswa untuk lebih mentaati peraturan yang telah disepakati. Mahasiswa juga dapat berkomitmen dengan aturan tersebut hingga mencapai suatu keberhasilan nantinya”, ujar Ibu Okky Putri Prastuti, S.T., M.T. selaku Kepala Departemen Teknik Kimia UISI.

Di akhir perkuliahan mahasiswa UISI wajib menuntaskan skripsi sebagai penunjang kelulusan program sarjana. Bekal yang didapat tidak hanya berfokus pada skripsi. Penulisan ilmiah dalam LKTI, PDP,  Proposal lainnya diberikan kepada mahasiswa menengah lainnya sebagai referensi.

“Semoga setelah diselenggarakannya acara ini, para peserta dapat merealisasikan ide-ide mereka dengan mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah diberikan oleh Bapak/Ibu dosen dalam pembuatan karya tulis. Setelah itu juga semoga lebih banyak lagi PKM yang dapat lolos baik dari seleksi ristekdikti maupun pimnas. Disamping itu juga judul dari PKM tersebut juga dapat dijadikan sebagai referensi ketika nanti mereka menghadapi skripsi”, ujar Annisa Firdaus selaku ketua pelaksana.

Acara ini telah mengundang antusiasme peserta. Peserta yang hadir dibekali dengan pengetahuan serta trik kebutuhan tulisan ilmiah. Semangat mahasiswa tersebut tergugah dengan diterimanya 17 judul proposal Pekan Karya Ilmiah (PKM) dan didanai oleh ristekdikti.

“Setelah saya mengikuti sosialisasi ini saya merasa mendapatkan ilmu-ilmu baru yang belum saya ketahui sebelumnya. Saya juga sudah memiliki gambaran tentang agenda apa saja yang saya lakukan ketika menjalani perkuliahan, selain itu juga saya juga dapat mengetahui hal-hal penting mengenai tugas akhir perkuliahan saya. Dan untuk hal terdekat yang saya ingin wujudkan yaitu dapat  lolos seleksi karya tulis baik tingkat ristekdikti maupun pimnas aamiin”, ujar Suhartini salah satu peserta sosialisasi. (ifs/fns)

Artikel Terkait