28 Februari 2024 | Tim Media UISI

Juara 3 Muay Thai, Bukti Penasaran Berbuah Prestasi

Mahasiswa Manajemen Rekayasa raih juara bela diri Muay Thai

UISI - Rifki Dian Saputra, Mahasiswa Manajemen Rekayasa berhasil meraih juara setelah dirinya mengikuti kejuaraan Muay Thai - K1 - Kyokushinkai Super Fight SLC Cup 2024 yang diselenggarakan pada 17-18 Februari 2024 di Townsquare Surabaya. Rifki berhasil memenangkan pertandingan dengan menyabet juara 3 kategori Muay Thai kelas Senior 57kg. 

Rifki sendiri merupakan atlet Mixed Material Arts atau yang kerap dikenal MMA. keikutsertaannya pada kejuaraan Muay Thai tersebut berlandaskan rasa penasarannya yang tinggi. Dengan modal rasa penasaran tersebut, Rifki akhirnya menyiapkan diri untuk serius mengikuti pertandingan Muay Thai tersebut. “Untuk latihannya sendiri hampir sama dengan latihan MMA, meliputi latihan fisik intensif untuk meningkatkan kekuatan, kecepatan, dan daya tahan tubuh. Selain itu, pelatihan teknik Muay Thai seperti pukulan, tendangan, dan pertahanan sangat penting. Mempersiapkan kondisi mental juga krusial untuk menghadapi tekanan pertandingan.” ucap Rifki.

Ia mengatakan bahwa persiapannya harus matang mengingat dia baru pertama kali mengikuti kejuaraan Muay Thai meskipun dirinya memiliki basic MMA. Namun ia mengatakan bahwa motivasinya mengikuti kejuaraan ini agar bisa bisa menguji kemampuan, meraih prestasi, hingga cinta pada olahraga itu sendiri. 

Selama pertandingan yang dilakukannya, kendala yang dirasakan hampir sama seperti mengikuti kejuaraan bela diri lainnya. Seperti mengalami cedera, tekanan mental, dan kesulitan dalam mengatasi lawan yang tangguh. Rifki mengaku bahwa perasaannya campur aduk saat melihat banyak lawan yang memiliki berbagai tingkatan kemahirannya dalam menguasai Muay Thai.                                                                                        

“Perasaannya campur aduk antara rasa bangga atas pencapaian tersebut, lega karena usaha kerasnya membuahkan hasil, dan sedikit menyesal karena belum bisa meraih peringkat yang lebih tinggi. Tetapi secara keseluruhan, meraih posisi di podium adalah pencapaian yang membanggakan dan memuaskan.” ucap Rifki. (may)

Artikel Terkait