Semangat siswa SMP Muhammadiyah 12 Gresik mempelajari teknik bercocok tanam di green house UISI
Semangat siswa SMP Muhammadiyah 12 Gresik mempelajari teknik bercocok tanam di green house UISI
1 Maret 2017 | Tim Media UISI

Kampus C UISI Menjadi Destinasi Field Trip Edukatif

Kampus C UISI menjadi salah satu destinasi field trip yang diminati dalam sektor pendidikan.

Gresik – Pusat Green Campus UISI (Universitas Internasional Semen Indoensia) yang berlokasi di Kampus C UISI merupakan salah satu tempat pembelajaran dan penelitian yang sangat diminati oleh mahasiswanya. Seperti pengembangan green house, pengelolaan hasil green campus menjadi produk yang siap dipasarkan, packaging dengan brand yang berkualitas, hingga produk tersebut dipasarkan ke lingkungan kampus UISI. Melalui beragam program pembelajaran dan penelitian hingga mata kuliah yang diajarkan kepada mahasiswanya, tidak terlepas dari ilmu pengetahuan berupa teori, aplikasi, bahkan pengembangan dan pembaharuan sistem.

            Salah satu contohnya yaitu produk dari green house dan kebun di Kampus C UISI yang diteliti dan dikelola menjadi produk baru yang unggul oleh mahasiswa Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIP) UISI. Seperti nugget sayur, es krim yang juga terbuat dari bahan-bahan sayuran, sinom, dan masih banyak lagi. Setelah menjadi produk, maka harus dikemas melalui packaging yang unik dan diberi brand yang dapat memikat konsumen.

            Untuk mempersiapkan packaging dan pemberian brand dapat berkolaborasi melalui teamwork dengan mahasiswa Departemen Manajemen. Pemasaraan produk juga bisa berkolaborasi dengan seluruh mahasiswa UISI dari berbagai departemen. Melalui mata kuliah kewirausahaan yang diajarkan di seluruh departemen, maka teamwork dari kombinasi berbagai departemen akan mendukung dalam keberhasilan dalam mengelola dan memasarkan produk yang dihasilkan dari kebun di Kampus C UISI.

            “Mengangkat isu-isu terkini yaitu mengenai pangan, kami mengelola makanan pokok dan alternatif, mengenai isu lingkungan kami mengelola pupuk kompos dan sampah organik, mengenai isu energi kami memanfaatkan minyak dari tanaman jarak sebegai energi pada motor penggerak mesin di industri”, ujar Dr. Ir. Chabib Bahari, SE., MM. selaku koordinator Kampus C UISI.

            Selain kegiatan internal, adapun kegiatan pembelajaran mengenai pengelolaan makanan pokok dan makanan alternatif ke Malang, Klaten, dan masih banyak lagi tempat yang dikunjungi untuk pembelajaran. Tidak hanya itu, bahkan Kampus C UISI menjadi salah satu destinasi fieltrip untuk melakukan pembelajaran di luar kelas. Kemarin (28/2) Kampus C UISI dikunjungi oleh siswa dari SMP Muhammadiyah 12 Gresik yang ingin menggali ilmu sekaligus mengaplikasikannya.

Siswa-siswa yang didampingi oleh beberapa guru dan juga didampingi oleh tim pengelola Kampus C UISI belajar bercocok tanam, pembuatan pupuk, teknik memetik ragam buah dan sayur. Para siswa tampak antusias dalam mengajukan pertanyaan saat materi diberikan. Mereka juga semangat dalam melakukan percobaan secara langsung dilakukan bersama-sama. [han/ral]

Artikel Terkait