Sesi pemaparan materi yang disampaikan oleh  Sugeng Firdausi, S.E., A.K., M.M. MIFP via daring.
Sesi pemaparan materi yang disampaikan oleh Sugeng Firdausi, S.E., A.K., M.M. MIFP via daring.
8 Mei 2020 | Tim Media UISI

Kelas Investasi; Strategi Investasi di Era Pandemi

Kelas Investasi merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia UISI dan diisi oleh Sugeng Firdausi, S.E., A.K., M.M. MIFP. selaku Wakil Manager Investasi.

Gresik – Seperti yang kita ketahui saat ini Covid-19 sedang menjadi pandemi global yang penyebarannya sangatlah luas dan cepat. Pandemi ini memberikan banyak sekali pengaruh terhadap kehidupan, salah satunya terhadap perekonomian di berbagai negara. Oleh karena itu, pada Jumat (08/05) Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Universitas Internasional Semen Indonesia (GIBEI UISI) berupaya menyelenggarakan Kelas Investasi berbasis Webinar. Dengan mengangkat tema “Momen Investasi Saat Pandemi Covid-19”, kegiatan ini diisi oleh pemateri yang ahli dalam bidangnya, yaitu Sugeng Firdausi, S.E., A.K., M.M. MIFP.

Dalam kesempatan ini, Sugeng menerangkan materi mulai dari awal mula terjadinya pandemi di dunia, dampak dan pengaruhnya terhadap perekonomian negara hingga strategi yang diambil dalam dunia investasi di masa pandemi.  Mengutip sebuah kalimat dari Dr. Daniel Crosby, "If you can view corrections as natural at worst and opportunities at best, you will be positioned to profit from other's panic". Dimana disaat semua orang panik, para investor harus pandai menempatkan posisi agar tetap dapat mendapatkan keuntungan.

Memang pada saat ini dapat dipastikan tidak ada komoditas yang dalam keadaan baik pada masa pandemi, termasuk emas. Hal tersebut disebabkan volatilitas investasi yang sedang buruk. Dalam beberapa kesempatan, disampaikan pula pertimbangan-pertimbangan yang bisa dilakukan dalam berinvestasi pada saat seperti sekarang ini.  “Jangan sampai kita memberatkan Indonesia yang saat ini sedang berjuang untuk pulih. Kita boleh takut, tapi kita tidak boleh berhenti untuk belajar apalagi dalam bidang investasi," ujar Sugeng di akhir sesi pemaparan materi. Kegiatan ini berjalan dengan lancar. Antusiasme para peserta terhadap topik yang dibicarakan mengenai investasi juga sangat tinggi dibuktikan dengan munculnya beberapa pertanyaan pada kolom komentar. (ifs/rry) 

Artikel Terkait