Pemberian sertifikat narasumber untuk Sigit Iko Sugondo
Pemberian sertifikat narasumber untuk Sigit Iko Sugondo
4 Mei 2019 | Tim Media UISI

Kuliah Tamu Departemen TIP Mengusung Konsep Manajemen Terintegrasi dalam Meningkatkan Ekonomi Petani

Kuliah tamu Departemen TIP terkait penerapan konsep manajemen terintegrasi dalam peningkatan ekonomi petani memaparkan kondisi ekonomi dan tantangan yang sedang dihadapi para petani di Indonesia

Gresik - Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIP) baru saja mengadakan kuliah tamu pada hari Jum'at (03/05) kemarin. Bertempat di Aula Kampus A Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), kuliah tamu kali ini mengusung tema "Penerapan Konsep Manajemen Terintegrasi dalam Peningkatan Ekonomi Petani". Narasumbernya adalah Sigit Iko Sugondo selaku Direktur Eksekutif Lembaga Amil Zakat (LAZ) Nasional Al-Azhar sekaligus menjabat sebagai konsultan ahli Program Pemberdayaan Ekonomi Pedesaan, Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia.

Materi pertama diawali dengan alasan harus mau dan bangga untuk berkecimpung di sektor pertanian. Bukan hanya dalam lingkup non akademik pertanian, namun juga pada lingkup akademik pertanian, yaitu sebagai mahasiswa pertanian. “Penyerapan tenaga kerja di sektor keuangan termasuk dalam tingkat rendah karena berlangsung adanya distrupsi teknologi. Justru angka yang masih banyak serapan angkatan kerja adalah sektor pertanian. Karena sektor pertanian saat ini masih menggunakan padat karya", ucap Sigit Iko Sugondo.

Pada sesi berikutnya, Sigit Iko Sugondo menyampaikan tantangan dan peluang yang dihadapi para pelaku sektor pertanian. Dimulai dari pemaparan kondisi ekonomi para petani di Indonesia. Tantangan yang sedang dihadapi petani adalah menyediakan pangan sehat yang diperoleh dari budidaya yang sehat dalam jumlah cukup dengan harga terjangkau. “Di sektor pertanian ada dua kelompok, yang terampil namun tidak terdidik dan yang terdidik namun tidak terampil. Itulah alasan mengapa para mahasiswa harus turun langsung ke lapangan (masyarakat)", ujar beliau sebagai motivasi untuk para peserta yang hadir dalam kuliah tamu kali ini. (tsa/msl)

 

Artikel Terkait