Potret Laylia sebagai juara Harapan 2 Pemilihan MAWAPRES UISI 2021
Potret Laylia sebagai juara Harapan 2 Pemilihan MAWAPRES UISI 2021
17 Mei 2021 | Tim Media UISI

Layliya Ramadhina Putri Afandi, Mahasiswa Top 5 Mawapres UISI 2021

Layliya Ramadhina Putri Afandi dari program studi Teknik Industri Pertanian yang telah lolos 5 besar dalam pemilihan Mahasiswa Berprestasi Univeritas Internasional Semen Indonesia yang diikuti oleh 25 Mahasiswa

UISI - Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) adalah suatu ajang kompetisi bagi para mahasiswa program sarjana maupun diploma yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) setiap tahunnya, dan diikuti banyak universitas di seluruh Indonesia. Seleksi ini bertujuan untuk mencari mahasiswa terbaik dan bisa menjadi agent of change bagi masyarakat. Tentunya suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang mahasiswa bisa menyandang predikat sebagai mahasiswa berprestasi, termasuk Layliya Ramadhina Putri Afandi dari program studi Teknik Industri Pertanian yang telah lolos 5 besar dalam pemilihan Mahasiswa Berprestasi Univeritas Internasional Semen Indonesia yang diikuti oleh 25 Mahasiswa dari 10 program studi. Hingga akhirnya terpilih 5 Mawapres UISI dengan Layliya Ramadhina Putri Afandi sebagai MAWAPRES juara harapan 2 (03/05).

Menjadi mahasiswa berprestasi tentunya butuh usaha dan proses yang besar pula karena harus bisa memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh DIKTI untuk bisa mengikuti seleksi mahasiswa berprestasi. Contohnya perjuangan Layliya yang sejak tahun 2020 mencalonkan sebagai mawapres. Menurutnya perbedaan pelaksanaan di tahun ini, segala seleksi menggunakan virtual dan pertambahan tes toeic, tentunya seleksi berjalan dengan sangat ketat terdapat banyak persiapan dalam pelaksanaan mawapres mulai dari mempertahankan indeks kumulatif Prestasi (IPK), Menabung Prestasi, aktif organisasi, mempersiapkan sertifikat lomba, Organisasi , prestasi dalam segi akademik dan non akademik, berlatih bahasa inggris, berdoa dan adanya pemberian dukungan dan bimbingan dalam kegiatan “Mawapres camp  dengan berbagai materi penunjang Mawapres, salah satunya materi self branding, bussines dan public speaking dari dosen khusus UISI.

Tips untuk dapat lolos dari laylia yakni dengan mempersiapkan segala sesuatu dengan baik, dan agar karya kita dapat bermanfaat untuk banyak orang serta harus memiliki kemampuan dalam bahasa inggris, baik aktif maupun pasif. Beberapa pengalaman serta pencapaian dari Layliya diantaranya, Got UISI Full Scholarship. 2nd place of LKTI in Waste Treatment Competition held by HIMATEKK UNTIRTA, Banten. Finalist in Bussines Plan Competition, held by HIMATIPAN UNPAD, Bandung. 4th place of Writing Ideas in NATIDEAS, held by HIMATIN UNPAD, Bandung. Nomination of the greatest essay, held by INDEKS and FNF. Joined in UISI Ambassador 2018- 2021. Chairman Event in Agroindustrial Week 2020 Staff Humas and Kominfo in Himpunan Mahasiswa Teknologi Agroindustri 2019/2020. Head of Entrepreneur Department in Himpunan Mahasiswa Teknologi Agroindustri 2020/2021. Finalist PILMAPRES UISI 2020. Master of Ceremony in many event, especially in UISI Moderator in Kuliah Tamu TIN 2019. Speaker in Sekolah Kepenulisan TIN UISI 2021.    

’’Buatlah prestasi sebanyak mungkin dan gunakan waktu kita 4 tahun yang singkat ini menjadi studi kita yang sebenar-benarnya’’ tutur Layliya Ramadhina Putri Afandi (ara/muh)

Artikel Terkait