Potret kebahagiaan dari tim setelah berhasil menyabet 2 penghargaan dalam ajang internasional
Potret kebahagiaan dari tim setelah berhasil menyabet 2 penghargaan dalam ajang internasional
16 April 2019 | Tim Media UISI

Limbah Sorgum Menghantarkan Keberhasilan pada Ajang Internasional

Mahasiswa Teknik Kimia berhasil meraih peringkat 5 dan runner up video favorit dalam ajang I – Challenge 2019 dengan ide pemanfaatan limbah dari sorgum berbasis superabsorbent aerogels.

Malang – Ide kreatif limbah sorgum berhasil membawa mahasiswa Teknik Kimia menyabet beberapa penghargaan sekaligus pada ajang Indonesia Chemical Engineering Event. Tim yang beranggotakan Rifqi Putera Herwoto, Rani Atiq Imani, dan Nuvixca Dewi mengikuti babak terakhir dari event kali ini pada jumat (12/04) di Universitas Brawijaya. Kompetisi ini diikuti oleh universitas yang berada di Regional Asia.

Perjuangan mereka untuk sampai di peringkat 5 bersanding dengan kampus ternama seperti Universitas Kebangsaan Malaysia, Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gajah Mada (UGM) tidak semudah membalikkan tangan. Mereka melewati 3 babak proses yang mencengangkan dimulai dari Abstrak SubmissionFull Paper Submission, dan Grand Final. Tidak tanggung – tanggung mereka juga menyabet penghargaan lainnya yakni runner up video favorit.

Ide tersebut berasal dari penelitian sebelumnya dibawah bimbingan dosen Bu Eka “Dulu ada project sama dosen tapi hanya sebatas research belum pengaplikasian. Kita bertiga tertarik untuk melanjutkan hingga menghasilkan prototype.” ujar Rani Atiq Imani salah satu anggota tim ketika ditanyai reporter dari UISI Media.

Ide keatif tersebut mengangkat pemanfaatan Argo- industry limbah dari sorgum sebagai sulosa alami berbasis superabsorbent aerogels. Ide ini dilatar belakangi oleh banyaknya limbah batang sorgum di ladang UISI yang tidak terpakai. Dari latar belakang tersebut membuat mereka melakukan optimalisasi limbah sorgum.

“Bikin ketagihan ikut kompetisi. Bukan soal juaranya tapi proses dan relasi pertemanannya.” tutup Rani dengan senyum lebar. (aml/aar)

Artikel Terkait