LKMM TM NASIONAL 2022 UNIVERSITAS INTERNASIONAL SEMEN INDONESIA
LKMM TM NASIONAL 2022 UNIVERSITAS INTERNASIONAL SEMEN INDONESIA
11 Juli 2022 | Tim Media UISI

LKMM TM NASIONAL 2022 UNIVERSITAS INTERNASIONAL SEMEN INDONESIA (11, 12 dan 19 Juni 2022)

Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM). LKMM terdapat 4 jenis antara lain yaitu LKMM Pra-Dasar, Dasar, Menengah dan Tingkat Lanjut.

Pengembangan kemahasiswaan adalah suatu upaya yang dilakukan dengan penuh kesadaran, berencana, teratur, terarah, dan bertanggung jawab untuk mengembangkan sikap, kepribadian, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mendukung kegiatan kurikuler untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Sebagai upaya pengembangan keterampilan dan sikap dalam manajemen organisasi mahasiswa baik intra maupun antarperguruan tinggi yang diberi nama Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM). LKMM terdapat 4 jenis antara lain yaitu LKMM Pra-Dasar, Dasar, Menengah dan Tingkat Lanjut.

LKMM

Kegiatan LKMM TM (pelatihan keterampilan manajemen mahasiswa tingkat menengah) yang diselenggarakan oleh Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) tingkat nasional yaitu salah satu upaya pengembangan lanjutan dari LKMM TD (Tingkat Dasar). Teknis pelaksanaan LKMM TM secara daring melalui Zoom Meeting dengan jumlah peserta yaitu 170 peserta seluruh Indonesia pada tanggal 11, 12 dan 19 Juni 2022. Tujuan dari LKMM tingkat Menengah adalah membekali mahasiswa dengan wawasan dan keterampilan mengkoordinasi dan membina tim kerja dalam suatu kelembagaan serta membentuk/ mengembangkan organisasi.

Tema yang diusung dalam LKMM Tingkat Menengah UISI yaitu “Mengoptimalkan Kompetensi Leadership dan Organisasi Moders Sebagai Agent Of Change dalam Menghadapi Tantangan Dunia Kedepan”. Rangkaian materi yang diusung dalam kegiatan LKMM Tingkat menengah antara lain Organisasi Modern, Kelas Keilmuan, Rencana Pengembangan Organisasi, Talkshow (Mahasiswa Outstanding yang Aktif Berkarya), Berpikir Kritis, Kreatif dan Inovatif serta Rencana pengembangan Organisasi.

Kegiatan pembukaan LKMM TM sekaligus hari pertama pada pukul 07.00 – 12.30 yaitu ada penampilan tari dan SIMS UISI, selanjutnya resmi dibuka oleh Wakil Rektor Prof. Dr. Fahima Martak, M.Si. Kegiatan hari pertama pada tanggal 11 Juni 2022 dengan pemateri pertama yaitu Maliki Febriantono Saputra S.P (CEO at LEADS Indonesia Foundation) dengan materi Organisasi Modern berkata “ Seorang Pemimpin tida memperlakukan team sebagai sebuah mesin, bukan hanya sebagai rekan tetapi sebagai keluarga yang tumbuh bersama”. Selanjutnya materi kedua yaitu materi Kelas Keilmuan oleh kak Bambang sutrisno S.T ( Leadership of Teens Go Green Indonesia) berkata “Earth our only home for today and tomorrow. Dimana bumi dengan 1/3 sumber daya alam sudah digunakan dan dieksploitasi dengan 8,5 Milyar jumlah penduduk di Bumi pada tahun 2030”.

Kegiatan selanjutnya yaitu pada hari Minggu, 12 Juni 2022 pada pukul 09.10 – 12.30 diawali oleh materi Rencana Pengembangan Organisasi oleh pemateri Muhummad Nur Habibi, S.Si (Consultant Analyst di Soltius Indonesia) yang menjelaskan pada Organization Analysis yaitu terdapat SWOT (Strength, Weakness, Opportunity and Threat) sehingga dengaan mudah mahasiswa mengetahui adanya kemajuan ataupun kelemahan dalam suatu organisasi. Lalu materi yang kedua adalah Talkshow (mahasiswa Outstanding yang aktif Berkarya) oleh Vina A. Muliana S.P, MA. (Senior Associate MIND IDE di bidang Culture Measurement & Prgram Development BUMN sekaligus Content Creator). Pemateri kak Vina berdiskusi mengenai topik Future of jobs, Make yourself workforce ready and Where to begin ? How to make the most out of it. Pada konsep jepang “A Reason For Being” yang artinya untuk apa kita hidup di dunia ini, dan apa yang kita ingin capai dalam kehidupan yang dapat dimaknai juga engan ikigai.

And the last day kegiatan LKMM TM terdapat 2 materi yang pertama yaitu dengan materi Berpikir Kritis, Kreatif dan Inovatif oleh Antonius Malem Barus S.TI, M.I.Kom (Co-Founder and CEO Krya) menjelaskan bahwa problem solving diera generasi Z salah satunya berpikir krisis dan analisis serta kreativitas, orisinalitas, dan inisiatif. Selanjutnya yang terakhir yaitu materi Rencana Pengembangan Organisasi oleh Muhammad Ilyas Arradya, S.T. ( Freelance of Branch Manager) yang menjelaskan bahwa “organisasi ituu tidak akan pernah sempurna sama seperti hidup, karena itu harus selalu dijaga dan dikembangkan agar masa masa depan yang sejahtera. But the question is ... Organisasi yang sedang diperjuangkan itu bagian dari perjuangan dalam hidupmu.”

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa berorganisasi dengan lingkup kecilpun akan menjadi pengalaman hidup yang lebih baik. Pada kegiatan LKMM TM yang dilaksanakan selama 3 hari terdapat apresiasi buat vidio perkenalan adalah Dewinta Putri Nafianti (Universitas Internasional Semen Indonesia) dari kelompok 9, Mikroblog Terbaik adalah Erna Dari Putri dari (Universitas Internasional Semen Indonesia) kelompok 9, Quiz Terbaik adalah Erny Santika (Universitas Internasional Semen Indonesia) dengan point 130 dan untuk peserta terbaik adalah Aulia Hatra Aditya (Universitas Diponegoro) dan M Ivan Rinaldi (Universitas Internasional Semen Indonesia). 

Artikel Terkait