22 Januari 2017 | Tim Media UISI

LogistiChamp 2017, Ajang Logistik Bagi Siswa SMA

Prodi Teknik Logistik Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) mengadakan LogistiChamp yang kedua

Sabtu (21/01), Departemen Teknik Logistik UISI merupakan Program Studi Logistik pertama di Indonesia. Tahun ini, departemen Teknik Logistik UISI mengadakan LogistiChamp merupakan kompetisi bergengsi untuk siswa/siswi SMA Sederajat di seluruh Indonesia.

Tahun 2017 merupakan tahun kedua untuk kompetisi LogistiChamp ini. LogistiChamp tahun ini terdiri atas 2 kompetisi, yakni logistic poster dan Logistic on Competition. Logistic poster adalah kompetisi membuat desain poster dengan tema "What do you think about Logistic's role to support your daily life?". Yang kedua adalah Logistic on Competition yang mana kompetisi ini menguji pengetahuan dan kepekaan peserta terhadap logistik. Dalam Logistics on Competition, peserta diharuskan mengikuti babak penyisihan online terlebih dahulu. Setelah lolos dari seleksi online, kemudian peserta diberikan studi kasus tentang pergudangan, peserta ditantang untuk menata pallet di gudang. 6 peserta terbaik yang lolos ke babak final kemudian diminta untuk melakukan simulasi distribusi produk dengan memperkirakan moda transportasi apa yang dibutuhkan dengan tetap memperhitungkan biayanya. Juara dari Logistics on Competition ini adalah Tim yang berhasil memilih moda transportasi yang sesuai dengan biaya yang paling optimal. 

Sebagai rangkaian dari kompetisi ini, peserta LogistiChamp diajak mengunjungi gudang dan packing plant Semen Gresik. Selain itu, juga terdapat talkshow dengan tema Peran Sumber Daya Manusia Dalam Mendukung Logistik Indonesia yang langsung disampaikan oleh manajer perencanaan distribusi dan transportasi PT.Semen Indonesia Bapak Akma Kurniawan, S.E., S.Kom. “Produksi semen yang mencapai 45 juta ton dari seluruh plant dalam setahun diperlukan peran logistik untuk mendistribuskan, dan pemilihan armada distribusi harus tepat”, ujar Akma.

Juara dari Kompetisi ini berhak mendapatkan hadiah senilai total 15 juta Rupiah. Poster yang berhasil menjuarai kompetisi Logistic Poster adalah tim Logitek SMAN 1 Manyar, Dinar Tiwi SMK Muhammadiyah 2 Surabaya dan juara pertama berhasil diraih oleh Art Media dari MAN 1 Tulungagung. Pemenang terpilih dikarenakan yang paling artistik dan paling mewakili tema yang diinginkan oleh panitia. Juara Pertama Logistic on Competition berhasil diraih oleh SMA Kristen Gloria, Surabaya.

Tujuan dari diadakan kegiatan ini, dapat memberikan edukasi kepada siswa tentang dunia kerja serta peranan teknik logistik dalam industri. “Harapannya setelah memahami tentang teknik logistik akan ada getok tular kepada lingkungan sekitar siswa”, ujar Oki Anita Candra Dewi, S.T., M.T. selaku kepala prodi teknik logistik. Selain itu juga memperkenalkan UISI yang berada dibawah koorporasi kepada masyarakat. [uda/sil]

Artikel Terkait