Dari kiri : Rahadian Aviasha, Putu Alicia, Tanfirul Nur, Doni Setio selaku Dosen Informatika UISI
Dari kiri : Rahadian Aviasha, Putu Alicia, Tanfirul Nur, Doni Setio selaku Dosen Informatika UISI
7 November 2017 | Tim Media UISI

Mahasiswa Informatika Sabet 13 Juta Rupiah di GEMASTIK 10

GEMASTIK merupakan ajang bergengsi di indonesia yang diadakan oleh Kemristek Dikti dengan mengedepankan unsur pengembangan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) untuk kemajuan bangsa.

Jakarta - GEMASTIK merupakan ajang bergengsi di indonesia yang diadakan oleh Kemristek Dikti dengan mengedepankan unsur pengembangan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) untuk kemajuan bangsa. Universitas Indonesia (UI) yang kebetulan tahun ini menjadi tuan rumah GEMASTIK ke 10, menumbuhkan kebanggaan tersendiri bagi tiga mahasiswa Informatika UISI sebagai finalis 100 besar dari total tim 2060. “Jadi pada event GEMASTIK tahun ini kita memberi solusi tentang permasalahan yang ada di pemerintahan dengan menggunakan IOT” ujar Rahadian Aviasha mahasiswa angkatan 2015.

Pada Lomba ini, peserta diuji kemampuannya untuk melakukan studi dan observasi terkait TIK. Lomba yang bertema E-Gov ini memiliki dua kategori yaitu Lomba Idea Rush dan Lomba Xbanner. Pada Lomba Idea Rush, setiap tim ditantang dengan diberi issue yang dihadapi oleh staff kepresidenan RI dan harus menyelesaikan dalam waktu kurang lebih 5 jam, lantas kemudian dipresentasikan. Untuk Lomba Xbanner, tim aphrodite membuat Xbanner tentang kategori yang diikuti dan mengusung ide Repotizen, inovasi sistem dalam pemvalidasi dan integrasi data.

Dengan jerih payah dan persiapan pra Lomba yang matang, tim aphrodite akhirnya mampu membawa pulang penghargaan yaitu mendapatkankan juara utama pada Lomba Idea Rush dan Best Poster pada Lomba Xbanner dengan hadiah masing-masing yaitu 12 juta dan satu juta rupiah. "Suatu kebanggaan bagi Tim kami yang dapat mengikuti Lomba yang persaingannya super ketat. Lebih bersyukur lagi karena kita bisa berdiskusi dengan sesama pejuang –IT” ujar Tanfirul Nur Mahasiswa angkatan 2015.(mbn/far)

Artikel Terkait