9 November 2023 | Tim Media UISI

Mahasiswa Sistem Informasi UISI Terpilih Sebagai Delegasi Mahasiswa Pada The 4th Indonesia Human Capital Summit 2023

Mahasiswa Sistem Informasi mendapat kesempatan ikuti IHCS 2023 di Jakarta

UISI - Indonesia Human Capital Summit (IHCS) merupakan agenda dua tahunan sebagai ajang silaturahmi bagi para praktisi Human Capital Management yang dimotori oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN. IHCS didedikasikan untuk memperkuat kapabilitas Human Capital Indonesia dengan pendekatan transformasional dalam menjawab tantangan masa depan. Setelah sukses menjaring 15.000 peserta pada The 3rd Indonesia Human Capital Summit 2021, FHCI kembali menggelar IHCS 2023 yang ke-4.

The 4th Indonesia Human Capital Summit 2023 dilaksanakan di Grand Ballroom Ritz Carlton Pacific Place Jakarta selama 2 hari pada 6-7 November 2023. Dengan mengusung tema “Navigating Human Experience Journey for Value Creation and Sustainability”, IHCS 2023 menjadi ajang berbagi pengetahuan, berdiskusi, dan merancang masa depan yang lebih baik dalam pengelolaan Human Capital. Pelaksanaan IHCS 2023 bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia di Indonesia agar mampu beradaptasi terhadap perkembangan Industry 5.0, pergeseran demografi, hingga dampak pasca pandemi. Oleh karena itu, untuk membekali para calon pemimpin masa depan Indonesia secara komprehensif, FHCI mengundang mahasiswa terpilih untuk terlibat dalam pelaksanaan IHCS 2023.

Arif Muhammad Iqbal, mahasiswa Sistem Informasi Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) mendapat kesempatan mengikuti IHCS 2023. Arif terpilih sebagai delegasi mahasiswa pada pelaksanaan IHCS 2023 setelah sebelumnya mengikuti serangkaian seleksi video terkait Human Capital di Indonesia. Arif pun menceritakan insight yang didapat selama mengikuti IHCS 2023 sebagai mahasiswa Sistem Informasi. Arif juga mendapat dukungan penuh dari Prodi Sistem Informasi dan Bagian Kemahasiswaan dan Kealumnian UISI karena berhasil mendapat kesempatan emas sebagai perwakilan mahasiswa dari UISI.

“Sebagai pemuda sekaligus mahasiswa di kampus kawasan Semen Indonesia Group, suatu kehormatan bagi saya dapat mewakili kampus mengikuti The 4th Indonesia Human Capital Summit 2023 dalam kapasitasnya mempersiapkan calon pemimpin, khususnya terkait Human Capital langsung dari ahlinya. Kendati sebagai mahasiswa Sistem Informasi, bukan menjadi penghalang bagi saya untuk mempelajari Human Capital yang dihadiri lebih dari 65 narasumber seperti pejabat kementerian, expertise, CEO, C-level global terkemuka, termasuk perusahaan milik negara dan swasta,” ujar Arif.

Selain melibatkan para pakar Human Capital, FHCI juga menghadirkan pakar teknologi digital, pakar energi, dan lainnya yang berasal dari dalam maupun luar negeri dengan kredibilitas yang diakui dunia melalui sesi Plenary Hall dan sesi Concurrent Class. Terdapat juga inovasi rangkaian kegiatan Call for Paper yang melibatkan pemangku kepentingan dalam berbagi pengetahuan melalui karya ilmiah yang diikuti oleh BOD-1 BUMN bidang Human Capital dan umum. Selain itu, terdapat rangkaian Company Visit untuk mengajak peserta melihat praktik Human Capital terbaik di lapangan secara langsung mulai dari pengembangan Human Experience, DEI (Diversity-Equity-Inclusion), transformasi digital, hingga strategi bisnis.

Artikel Terkait