Mahasiswa Teknik Kimia sabet juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional di Bali
Mahasiswa Teknik Kimia sabet juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional di Bali
17 April 2018 | Tim Media UISI

Mahasiswa Teknik Kimia Raih Juara di Pulau Dewata

Mahasiswa Teknik Kimia kembali mengharumkan almamater Universitas Internasional Semen Indonesia dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional di Bali.

UISI – 3 Jawara Teknik Kimia UISI angkatan 2015 beranggotakan Achmad Syarifuddin, Imam Mahmuddin, dan Rifqi Putra Herwoto berhasil menyabet juara 2 dalam Lomba Karya Tulis Nasional tingkat mahasiswa yang diadakan oleh Universitas Pendidikan Ganesha (UNDHIKSA) Bali. Karya tulis yang mengusung topik mengenai pemanfaatan limbah abu layang (fly ash) sebagai beton geopolimer ini digunakan dalam konstruksi bangunan pembuangan limbah logam berat di Indonesia. Kompetisi ini merupakan salah satu dalam rangkaian kompetisi dengan tema Meningkatkan potensi dalam negeri melalui IPTEK untuk menunjang nawacita Presiden.

Setelah sebelumnya dapat melewati babak seleksi karya melalui online dan bersaing dengan ratusan judul karya tulis, akhirnya mereka dapat terjaring dalam 15 besar dan berangkat ke Bali untuk tahap final. Tahap final ini berupa presentasi yang dilaksanakan pada hari sabtu (31/3) dan pengumuman juara di sore harinya. Pada tahap presentasi final ini mereka diharuskan memaparkan karya tulis mereka dihadapan juri dan bersaing ketat dengan peserta lain yang berasal dari Bogor, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Makassar, bahkan Bangka Belitung.

Karya tulis ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa, hasil penambahan limbah logam berat tertentu pada geopolimer yang digunakan dalam konstruksi bangunan dapat meningkatkan kuat tekan hingga kurang lebih 12 kali kuat tekan normal. Untuk kedepannya mereka berharap bahan geopolimer dapat lebih dikenal masyarakat dan diaplikasikan dalam berbagai konstruksi dalam industri maupun pembangunan infrastruktur pemerintah. Kerja keras tim pun terbayarkan! tim UISI dapat membawa pulang sebagai juara 2 dalam kompetisi tersebut.

“Suatu kebanggaan dan kegembiraan tersendiri bagi tim kami untuk dapat mewakili almamater dalam kompetisi tingkat nasional ini. Semoga kedepannya lebih banyak lagi prestasi yang dapat diraih oleh generasi kampus UISI selanjutnya” tutur Imam Mahmuddin, salah satu anggota tim.(hst/far)

Artikel Terkait